Journal of Classroom Action Research
Vol. 7 No. 1 (2025): Februari 2025

Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas ll SDN 28 Cakranegara Tahun Ajaran 2024/2025

Herawati, Gita (Unknown)
Sudriman (Unknown)
Sobri, Muhammad (Unknown)
Tahir, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untk mendeskripsikan kesulitan membaca permulaan pada siswa kelas II SDN 28 Cakranegara dan mendeskripsikan cara mengatasi kesulitan membaca permulaan pada siswa kelas II SDN 28 Cakranegara. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriftif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II di SDN 28 Cakranegara tahun ajaran 2024/2025 dengan jumlah siswa 24 siswa. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kesulitan membaca permulaan yang dialami oleh siswa kelas II SDN 28 Cakranegara yaitu kesulitan dalam mengenal huruf, kesulitan dalam mengenal huruf vocal, huruf konsonan, dan huruf diftong, sulit dalam mengeja huruf dan sulit dalam membaca kalimat sederhana. Adapun cara mengatasi kesulitan membaca permulaan yang dialami siswa kelas II SDN 28 Cakranegara yaitu, memberikan perhatian lebih terhadap siswa yang mengalami kesulitan dalam membaca permulaan, menambah jam membaca setelah KBM, membaca bersama, belajar sambil bermain dan kerjasama dengan orang tua siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jcar

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Classroom Action Reseach (Jurnal Penelitian Tindakan kelas) e-ISSN:2656-2340 , p-ISSN: 2656-3460 adalah jurnal yang memuat artikel hasil penelitian-penelitian kelas baik dari kalangan guru, dosen, maupun dari hasil penelitian mahasiswa. Journal of Classroom Action Reseach merupakan salah ...