AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
Vol 11, No 1 (2024)

Pengaruh Penerapan Pendekatan Matematika Realistik Indonesia Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Di Sekolah Dasar

Tiara Ayu Saroso (Universitas Muhammadiyah Jakarta)
Linda Astriani (Universitas Muhammadiyah Jakarta)



Article Info

Publish Date
05 Mar 2024

Abstract

Rendahnya pemahaman konsep matematika disebabkan oleh siswa yang masih banyak mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal sesuai dengan konsepnya. Tujuan pada penelitian ini untuk melihat pengaruh diterapkannya Pendekatan Matematika Realistik Indonesia terhadap pemahaman konsep matematika siswa yang diajarkan di kelas dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Waru 05 Kec. Parung Kab. Bogor pada tahun ajaran 2022/2023. Metode yang digunakan yaitu metode kuantitatif bentuk Posttest-Only Control Group Design. Subjek pada penelitian ini sebanyak 54 siswa diantaranya 27 siswa kelas eksperimen dan 27 siswa kelas kontrol. Cluster random sampling merupakan teknik pengambilan sampel pada penelitian ini. Instrumen yang digunakan adalah tes essay sebanyak 12 butir soal. Hasil penelitian dapat terlihat dari hasil perhitungan dengan uji-t Independent samples test dengan memperoleh taraf signifikansi sebesar 0,003 < 0,05 maka Ho ditolak dan HI diterima. Selain itu, dibuktikan juga dengan hasil perhitungan yang diperoleh dari thitung sebanyak 3,080 lebih besar dari ttabel 1,703 artinya terdapat pengaruh diterapkannya Pendekatan Matematika Realistik Indonesia terhadap pemahaman konsep matematika siswa yang diajarkan di kelas II dibandingkan dengan pembelajaran konvensional di SD Negeri Waru 05 Kecamatan Parung.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

AdMathEdust

Publisher

Subject

Mathematics

Description

The aim of the Ahmad Dahlan Mathematics Education Students (AdmathEduSt), p-ISSN 2355-8199, e-ISSN 2775-5746, is to provide an academics forum for the sharing, dissemination, and discussion of result research, experience, and perspectives across a wide range of mathematics education, applied ...