Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini bertujuan untuk membuktikan secara ilmiah tentang peningkatan kompetensi guru melalui kegiatan supervise akademik secara berkelanjutan di SDN 144 Salulemo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Subjek penelitian yaitu guru di SDN 144 Salulemo sebanyak 8 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan wawancara. Penelitian ini dilakukan 2 siklus yaitu siklus pertama dilakukan supervise dengan metode bimbingan bekelanjutan. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan kompetensi guru dalam menyusun peniliaian proses. Pada siklus I nilai rata-rata komponen penilaian proses adalah 66,25%, dan meningkat pada siklus II menjadi 86,25%. Jadi, terjadi peningkatan 20,00% dari siklus I. Ini berarti bahwa melalui pembinaan dan pelatihan dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun penilaian proses.
Copyrights © 2021