Jurnal Pendidikan Refleksi
Vol. 10 No. 1 (2021): Jurnal Pendidikan Refleksi

Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Menyusun Rencana Penilaian Proses Melalui Supervisi Akademik Secara Berkelanjutan di SD Negeri 144 Salulemo Kab. Luwu Utara

Alim Alim (UPT SD Negeri 144 Salulemo Kabupaten Luwu Utara)



Article Info

Publish Date
05 Jan 2021

Abstract

Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini bertujuan untuk membuktikan secara ilmiah tentang peningkatan kompetensi guru melalui kegiatan supervise akademik secara berkelanjutan di SDN 144 Salulemo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Subjek penelitian yaitu guru di SDN 144 Salulemo sebanyak 8 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan wawancara. Penelitian ini dilakukan 2 siklus yaitu siklus pertama dilakukan supervise dengan metode bimbingan bekelanjutan. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan kompetensi guru dalam menyusun peniliaian proses. Pada siklus I nilai rata-rata komponen penilaian proses adalah 66,25%, dan meningkat pada siklus II menjadi 86,25%. Jadi, terjadi peningkatan 20,00% dari siklus I. Ini berarti bahwa melalui pembinaan dan pelatihan dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun penilaian proses.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

refleksi

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

JURNAL PENDIDIKAN REFLEKSI (ISSN 2301-4059 | e-ISSN 2798-544X) adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan artikel di bidang Pendidikan dan Sosial Humaniora. Diterbitkan setiap tiga bulan (quarterly), jurnal ini bertujuan untuk memfasilitasi kajian akademik yang inovatif dan berbasis penelitian. Dikelola ...