cover
Contact Name
Hisbullah
Contact Email
hisbullah@iainpalopo.ac.id
Phone
+6285242858469
Journal Mail Official
jurnalpendidikanrefleksi@gmail.com
Editorial Address
Jalan Domba, Lorong SMPN 5, Perumahan Cahaya Regency Blok B8, Kel. Temmalebba Kec. Bara, Kota Palopo.. Kode Pos 91914
Location
Kota palopo,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Refleksi
Published by P3I LUWU RAYA
ISSN : 23014407     EISSN : 2798544X     DOI : -
JURNAL PENDIDIKAN REFLEKSI (ISSN 2301-4059 | e-ISSN 2798-544X) adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan artikel di bidang Pendidikan dan Sosial Humaniora. Diterbitkan setiap tiga bulan (quarterly), jurnal ini bertujuan untuk memfasilitasi kajian akademik yang inovatif dan berbasis penelitian. Dikelola oleh P3I Luwu Raya (sebelumnya SMK Cokroaminoto Palopo), jurnal ini berkontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan melalui publikasi karya ilmiah berkualitas.
Articles 107 Documents
Meningkatkan Kompetensi Tim Pengembang Satuan Pendidikan SD dalam Menyusun Rencana Kerja Satuan Pendidikan (RKS) Melalui Pembinaan dan Pelatihan di Kab. Luwu Utara Hertoyono Hertoyono
Jurnal Pendidikan Refleksi Vol. 10 No. 1 (2021): Jurnal Pendidikan Refleksi
Publisher : P3I Luwu Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini bertujuan untuk membuktikan secara ilmiah apakah pembinaan dan latihan dapat meningkatkan kompetensi tim pengembang satuan pendidikan SD dalam menyusun Rencana Kerja Satuan Pendidikan (RKS). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Subjek penelitian yaitu guru SD se-Kabupaten Luwu Utara, dengan jumlah guru sebanyak 13 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara. Penelitian ini dilakukan 2 siklus yaitu siklus pertama dilakukan metode bimbingan bekelanjutan. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan kompetensi guru dalam menyusun RKS. Pada siklus I nilai rata-rata komponen penilaian RKS adalah 47,54%, dan meningkat pada siklus II menjadi 84,15%. Jadi, terjadi peningkatan 36,62% dari siklus I. Ini berarti bahwa melalui pembinaan dan pelatihan dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun RKS
Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Menyusun Rencana Penilaian Proses Melalui Supervisi Akademik Secara Berkelanjutan di SD Negeri 144 Salulemo Kab. Luwu Utara Alim Alim
Jurnal Pendidikan Refleksi Vol. 10 No. 1 (2021): Jurnal Pendidikan Refleksi
Publisher : P3I Luwu Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini bertujuan untuk membuktikan secara ilmiah tentang peningkatan kompetensi guru melalui kegiatan supervise akademik secara berkelanjutan di SDN 144 Salulemo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Subjek penelitian yaitu guru di SDN 144 Salulemo sebanyak 8 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan wawancara. Penelitian ini dilakukan 2 siklus yaitu siklus pertama dilakukan supervise dengan metode bimbingan bekelanjutan. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan kompetensi guru dalam menyusun peniliaian proses. Pada siklus I nilai rata-rata komponen penilaian proses adalah 66,25%, dan meningkat pada siklus II menjadi 86,25%. Jadi, terjadi peningkatan 20,00% dari siklus I. Ini berarti bahwa melalui pembinaan dan pelatihan dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun penilaian proses.
Meningkatkan Kinerja Tim Literasi Sekolah Melaksanakan Program Gerakan Literasi Membaca Melalui Supervisi dan Bimbingan Berkelanjutan di SMP Negeri 1 Mappedeceng Kabupaten Luwu Utara Supriadi Supriadi
Jurnal Pendidikan Refleksi Vol. 10 No. 1 (2021): Jurnal Pendidikan Refleksi
Publisher : P3I Luwu Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian yang hendak diperoleh adalah: untuk meningkatkan kinerja tim literasi sekolah (TLS) melaksanakan program gerakan literasi membaca di SMP Negeri 1 Mappedeceng Kabupaten Luwu Utara. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua siklus. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah Penelitian ini dilakukan pada tim literasi sekolah SMP Negeri 1 Mappedeceng Kabupaten Luwu Utara sebanyak 5 orang. sebagai subyek penelitian. Obyek penelitian adalah kinerja TLS SMP Negeri 1 Mappedeceng Kabupaten Luwu Utara melaksanakan Gerakan Literasi Membaca. Dari hasil analisis didapatkan bahwa kinerja tim literasi sekolah (TLS) melaksanakan program literasi membaca dari siklus ke siklus. Pada siklus I nilai rata-rata kinerja tim literasi sekolah (TLS) melaksanakan program literasi membaca 66,00%, dan pada siklus II 90,00%. Jadi, terjadi peningkatan 24,00% dari siklus I
Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Memanfaatkan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Melalui Diskusi Kelompok Kerja Guru di UPT SD Negeri 032 Buso Kabupaten Luwu Utara Marlis Tandiawo
Jurnal Pendidikan Refleksi Vol. 10 No. 1 (2021): Jurnal Pendidikan Refleksi
Publisher : P3I Luwu Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian yang hendak diperoleh adalah untuk meningkatkan kemampuan guru dalam memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar melalui diskusi KKG. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua siklus. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Penelitian ini dilakukan pada guru di UPT SD Negeri 032 Buso Kabupaten Luwu Utara, sebagai subyek penelitian. Obyek penelitian adalah pemanfaatan lingkungan melalui diskusi KKG. Instrumen yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan diskusi kelompok. Setelah dilakukan analisis data hasil penelitian didapatkan hasil pada siklus I dengan nilai rata-rata 65,92, selanjutnya pada siklus II nilai rata-rata 87,78, terjadi peningkatan 21,85 dan indikator keberhasilan terlampaui yaitu 75. Ini berarti bahwa melalui bimbingan berkelanjutan dapat meningkatkan kompetensi guru dalam pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar.
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Pendekatan Kontekstual Materi Nilai Tempat Puluhan dan Satuan pada Siswa Kelas I Sekolah Dasar Dartina Dartina
Jurnal Pendidikan Refleksi Vol. 10 No. 1 (2021): Jurnal Pendidikan Refleksi
Publisher : P3I Luwu Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan sebuah perubahan dalam bentuk meningkatkan hasil belajar Matematika melalui penerapan pendekatan kontekstual di SD Negeri 027 Limpomajang. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua siklus. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Penelitian ini dilakukan pada siswa di UPT SD Negeri 027 Limpomajang, sebagai subyek penelitian. Obyek penelitian adalah pendekatan kontekstual dalam pembelajaran Matematika. Instrumen yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan tes. Pembelajaran dengan penerapan pendekatan kontekstual memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I (75,00%), siklus II (91,67%). Penerapan pendekatan kontekstual mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan motivasi belajar siswa yang ditunjukan dengan rata-rata jawaban siswa yang menyatakan bahwa siswa tertarik dan berminat dengan pendekatan kontekstual sehingga mereka menjadi termotivasi untuk belajar.
Meningkatkan Kompetensi Guru Menyusun RPP Melalui Bimbingan dan Pelatihan Daring di SD Negeri 040 Salulemo Kabupaten Luwu Utara Adenia Adenia
Jurnal Pendidikan Refleksi Vol. 10 No. 2 (2021): Jurnal Pendidikan Refleksi
Publisher : P3I Luwu Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan sebuah perubahan dalam bentuk meningkatkan kompetensi guru melalui bimbingan dan pelatihan daring di SD Negeri 040 Salulemo Kabupaten Luwu Utara. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua siklus. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan pada guru di UPT SD Negeri 040 Salulemo Kabupaten Luwu Utara, sebagai subyek penelitian. Obyek penelitian adalah bimbingan dan pelatihan daring. Instrumen yang digunakan adalah wawancara dan observasi. Bimbingan dan pelatihan melalui WhatsAPP video call group, dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun RPP menggunakan Apl.WhatsAPP video call group. Hal itu dapat dibuktikan dari hasil observasi/pengamatan yang memperlihatkan bahwa terjadi peningkatan kompetensi guru dari siklus ke siklus . Pada siklus I nilai rata-rata indikator kompetensi guru sebesar 64,41% dan pada siklus II 87,05%. Jadi, terjadi peningkatan 18.64% dari siklus I.
Penerapan Metode Project Based Learning pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Hadijah Rani
Jurnal Pendidikan Refleksi Vol. 10 No. 2 (2021): Jurnal Pendidikan Refleksi
Publisher : P3I Luwu Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Project Based Learning adalah metode pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada guru untuk mengelola pembelajaran di kelas dengan melibatkan kerja proyek. Kerja proyek merupakan suatu bentuk kerja yang memuat tugas-tugas kompleks berdasarkan kepada pertanyaan dan permasalahan yang sangat menantang dan menuntun siswa untuk merancang, memecahkan masalah, membuat keputusan, melakukan kegiatan investigasi, serta memberikan kesempatan siswa untuk bekerja secara mandiri. Tujuan penggunaan metode ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran SKI di kelas VIII B MTsN Palopo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian Tindakan kelas. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VIII B MTsN Palopo sebanyak 40 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode Project Based Learning pada siklus I masih dalam ketegori rendah dengan skor terbanyak antara 40-54 atau sekita 50% dari skor ideal 100. Panguasaan siswa pada tahap siklus II sudah menunjukkan kategori sedang dengan skor terbanyak 75-89 atau sekitar 75% dari skor ideal 100. Sehingga antara siklus I dan siklus II mengalami peningkatan yakni sebesar 25%. Hasil penelitian menujukkan bahwa motivasi belajar siswa pada mata pelajaran SKI dengan menggunakan metode pembelajaran Project Based Learning mengalami peningkatan motivasi belajar siswa.
Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Menyusun Penilaian Keterampilan Tingkat Tinggi (HOTS/Higher Order Thinking Skills) Melalui Pembinaan dan Latihan pada Guru Kelas di UPT SD Negeri 128 Mappedeceng Kabupaten Luwu Utara Mistribuana Mistribuana
Jurnal Pendidikan Refleksi Vol. 10 No. 2 (2021): Jurnal Pendidikan Refleksi
Publisher : P3I Luwu Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini bertujuan untuk membuktikan secara ilmiah apakah pembinaan dan latihan dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun penilaian Higher Order Thinking Skills (HOTS). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Subjek penelitian yaitu guru UPT SD Negeri 128 Mappedeceng Kabupaten Luwu Utara, dengan jumlah guru sebanyak 6 (enam) orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara. Penelitian ini dilakukan 2 siklus yaitu siklus pertama dilakukan metode bimbingan bekelanjutan, Berdasarkan pembahasan di atas terjadi peningkatan kompetensi guru dalam menyusun penilaian HOTS. Pada siklus I nilai rata-rata komponen penilaian HOTS adalah 67,33%, pada siklus II nilai rata-rata komponen penilaian HOTS menjadi 92,00%, terjadi peningkatan 24,67% dan indikator keberhasilan terlampaui yaitu 78.00%. Ini berarti bahwa melalui pembinaan dan pelatihan dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun penilaian Higher Order Thinking Skills.
Peran Orang Tua dalam Memotivasi Belajar Anak dengan Sistem Daring pada Masa Pandemi di Desa To’bea Kabupaten Luwu Lilis Suryani; Hisbullah Hisbullah
Jurnal Pendidikan Refleksi Vol. 10 No. 2 (2021): Jurnal Pendidikan Refleksi
Publisher : P3I Luwu Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar anak pada pembelajaran daring di masa pandemi, dan untuk mengetahui berbagai macam factor pendukung dan faktor penghambat yang dihadapi oleh orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar anak pada pembelajaran daring di masa pandemi. Metode penelitian ini menggunakan teknik observasi dan wawancara. Hasil penelitian peran orang tua dalam memotivasi belajar anak pada pembelajaran daring menunjukkan bahwa orang tua memiliki semangat yang tinggi dalam mengajarkan anaknya di rumah, terutama ibu yang lebih banyak menampingi anak setiap waktu di rumah. Ada orang tua yang kurang memperhatikan belajar anaknya dikarenakan memiliki pekerjaan yang sangat sibuk sehingga anak belajar sendiri, namun ada pula orang tua yang sangat memperhatikan tugas sekolah anaknya serta menuntun dan mengarakan mereka. Faktor pendukung dan pengambat dalam penelitian ini adalah adanya faktor penghambat terjadinya proses pembelajaran daring yang dilakukkan peserta didik/anak antara lain; kurangnya waktu yang diberikan orang tua, kurangnya pengetahuan orang tua tentang pembelajaran anak, kuarangnya sarana dan prasarana yang diberikan orang tua. Disisi lain terdapat juga faktor yang mendukung terjadinya pembelaran daring ini namun hanya berlaku pada orang yang mampu saja yakni dana.
Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Baebunta Kabupaten Luwu Utara Haderia Haderia
Jurnal Pendidikan Refleksi Vol. 10 No. 2 (2021): Jurnal Pendidikan Refleksi
Publisher : P3I Luwu Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengungkap pengaruh pembelajaran kooperatif model Snowball Throwing terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Baebunta. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga siklus. Hasil analisis penelitian yang dilakukan peserta didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Baebunta pada materi Teks Iklan dengan menggunakan model snowball throwing, melalui hasil peneilitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif model snowball throwing memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari semakin mantapnya pemahaman dan penguasaan siswa terhadap materi yang telah disampaikan guru selama ini (ketuntasan belajar meningkat dari sklus I, II, dan III) yaitu masing-masing 56,25%, 81,25%, dan 90,63%. Pada siklus III ketuntasan belajar siswa secara klasikal telah tercapai, hal ini ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, antusias siswa yang menyatakan bahwa siswa tertarik dan berminat dengan pembelajaran, dan adanya tanggung jawab dalam kelompok dimana siswa yang lebih mampu mengajari materi pokoknnya yang kurang mampu.

Page 1 of 11 | Total Record : 107