Tujuan penelitian yang hendak diperoleh adalah untuk meningkatkan kemampuan guru dalam memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar melalui diskusi KKG. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua siklus. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Penelitian ini dilakukan pada guru di UPT SD Negeri 032 Buso Kabupaten Luwu Utara, sebagai subyek penelitian. Obyek penelitian adalah pemanfaatan lingkungan melalui diskusi KKG. Instrumen yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan diskusi kelompok. Setelah dilakukan analisis data hasil penelitian didapatkan hasil pada siklus I dengan nilai rata-rata 65,92, selanjutnya pada siklus II nilai rata-rata 87,78, terjadi peningkatan 21,85 dan indikator keberhasilan terlampaui yaitu 75. Ini berarti bahwa melalui bimbingan berkelanjutan dapat meningkatkan kompetensi guru dalam pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021