Jurnal Pendidikan Refleksi
Vol. 10 No. 1 (2021): Jurnal Pendidikan Refleksi

Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Memanfaatkan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Melalui Diskusi Kelompok Kerja Guru di UPT SD Negeri 032 Buso Kabupaten Luwu Utara

Marlis Tandiawo (UPT SD Negeri 032 Buso Kabupaten Luwu Utara)



Article Info

Publish Date
05 Jan 2021

Abstract

Tujuan penelitian yang hendak diperoleh adalah untuk meningkatkan kemampuan guru dalam memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar melalui diskusi KKG. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua siklus. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Penelitian ini dilakukan pada guru di UPT SD Negeri 032 Buso Kabupaten Luwu Utara, sebagai subyek penelitian. Obyek penelitian adalah pemanfaatan lingkungan melalui diskusi KKG. Instrumen yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan diskusi kelompok. Setelah dilakukan analisis data hasil penelitian didapatkan hasil pada siklus I dengan nilai rata-rata 65,92, selanjutnya pada siklus II nilai rata-rata 87,78, terjadi peningkatan 21,85 dan indikator keberhasilan terlampaui yaitu 75. Ini berarti bahwa melalui bimbingan berkelanjutan dapat meningkatkan kompetensi guru dalam pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

refleksi

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

JURNAL PENDIDIKAN REFLEKSI (ISSN 2301-4059 | e-ISSN 2798-544X) adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan artikel di bidang Pendidikan dan Sosial Humaniora. Diterbitkan setiap tiga bulan (quarterly), jurnal ini bertujuan untuk memfasilitasi kajian akademik yang inovatif dan berbasis penelitian. Dikelola ...