Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini bertujuan untuk membuktikan secara ilmiah apakah pembinaan dan latihan dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun penilaian Higher Order Thinking Skills (HOTS). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Subjek penelitian yaitu guru UPT SD Negeri 128 Mappedeceng Kabupaten Luwu Utara, dengan jumlah guru sebanyak 6 (enam) orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara. Penelitian ini dilakukan 2 siklus yaitu siklus pertama dilakukan metode bimbingan bekelanjutan, Berdasarkan pembahasan di atas terjadi peningkatan kompetensi guru dalam menyusun penilaian HOTS. Pada siklus I nilai rata-rata komponen penilaian HOTS adalah 67,33%, pada siklus II nilai rata-rata komponen penilaian HOTS menjadi 92,00%, terjadi peningkatan 24,67% dan indikator keberhasilan terlampaui yaitu 78.00%. Ini berarti bahwa melalui pembinaan dan pelatihan dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun penilaian Higher Order Thinking Skills.
Copyrights © 2021