Jurnal Pendidikan Refleksi
Vol. 10 No. 2 (2021): Jurnal Pendidikan Refleksi

Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Menyusun Penilaian Keterampilan Tingkat Tinggi (HOTS/Higher Order Thinking Skills) Melalui Pembinaan dan Latihan pada Guru Kelas di UPT SD Negeri 128 Mappedeceng Kabupaten Luwu Utara

Mistribuana Mistribuana (UPT SD Negeri 128 Mappedeceng Kabupaten Luwu Utara)



Article Info

Publish Date
05 Apr 2021

Abstract

Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini bertujuan untuk membuktikan secara ilmiah apakah pembinaan dan latihan dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun penilaian Higher Order Thinking Skills (HOTS). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Subjek penelitian yaitu guru UPT SD Negeri 128 Mappedeceng Kabupaten Luwu Utara, dengan jumlah guru sebanyak 6 (enam) orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara. Penelitian ini dilakukan 2 siklus yaitu siklus pertama dilakukan metode bimbingan bekelanjutan, Berdasarkan pembahasan di atas terjadi peningkatan kompetensi guru dalam menyusun penilaian HOTS. Pada siklus I nilai rata-rata komponen penilaian HOTS adalah 67,33%, pada siklus II nilai rata-rata komponen penilaian HOTS menjadi 92,00%, terjadi peningkatan 24,67% dan indikator keberhasilan terlampaui yaitu 78.00%. Ini berarti bahwa melalui pembinaan dan pelatihan dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun penilaian Higher Order Thinking Skills.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

refleksi

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

JURNAL PENDIDIKAN REFLEKSI (ISSN 2301-4059 | e-ISSN 2798-544X) adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan artikel di bidang Pendidikan dan Sosial Humaniora. Diterbitkan setiap tiga bulan (quarterly), jurnal ini bertujuan untuk memfasilitasi kajian akademik yang inovatif dan berbasis penelitian. Dikelola ...