Artikel ini membahas tentang Pengembangan Modul Pembelajaran Subtema Gangguan Kesehatan Pada Organ Peredaran Darah Berbasis Nilai-Nilai Keislaman Pada Siswa Kelas V MIS 21 Al Manar Lamone. Pelaksanaan riset ini bertujuan guna menganalisis analisis kebutuhan pengembangan modul pembelajaran subtema gangguan kesehatan pada organ peredaran darah berbasis nilai-nilai keislaman; Untuk mengetahui rancangan pengembangan modul pembelajaran subtema gangguan kesehatan pada organ peredaran darah berbasis nilai-nilai keislaman; dan untuk mengetahui kepraktisan modul pembelajaran gangguan kesehatan pada organ peredaran darah berbasis nilai-nilai keislaman. Penelitian Research and Development (R&D) merupakan jenis riset ini dipadukan model pengembangan 4D yang terdiri dari 4 tahap yaitu: (1) tahap analysis, (2) tahap design, (3) tahap development dan (4) tahap disseminate. Riset berlokasi di kelas V MIS 21 Al-Manar Lamone, dimana yang menjadi subjek penelitian adalah 25 peserta didik kelas V. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan angket validasi. Selanjutnya, ata di analisis dengan rumus persentase untuk data kuantitatif serta metode analisis statistik deksriptif untuk data kualitatif. Hasil penelitian memperlihatkan jika modul pembelajaran berbasis nilai-nilai keislaman berpredikat sangat valid dari penilaian 3 validator melalui revisi, komentar dan saran. Hasil perhitungan nilai kelayakan dari materi modul pembelajaran oleh ahli materi diperoleh nilai 78% kategori valid. Selanjutnya, rekapitulasi validitas bahasa modul pembelajaran oleh ahli bahasa diperoleh nilai 78% kategori valid. Kemudian rekapitulasi validitas agama modul pembelajaran oleh ahli agama diperoleh nilai 96% kategori sangat valid. Pelaksanaan uji kepraktisan modul pembelajaran mendapatkan nilai 82,5% kategori sangat praktis.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022