Jurnal Pendidikan Refleksi
Vol. 11 No. 2 (2022): Jurnal Pendidikan Refleksi

Pengembangan Modul Pembelajaran Subtema Gangguan Kesehatan pada Organ Peredaran Darah Berbasis Nilai-nilai Keislaman

Sarda Akbar (Institut Agama Islam Negeri Palopo)
Syamsu Sanusi (Institut Agama Islam Negeri Palopo)
Lilis Suryani (Institut Agama Islam Negeri Palopo)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2022

Abstract

Artikel ini membahas tentang Pengembangan Modul Pembelajaran Subtema Gangguan Kesehatan Pada Organ Peredaran Darah Berbasis Nilai-Nilai Keislaman Pada Siswa Kelas V MIS 21 Al Manar Lamone. Pelaksanaan riset ini bertujuan guna menganalisis analisis kebutuhan pengembangan modul pembelajaran subtema gangguan kesehatan pada organ peredaran darah berbasis nilai-nilai keislaman; Untuk mengetahui rancangan pengembangan modul pembelajaran subtema gangguan kesehatan pada organ peredaran darah berbasis nilai-nilai keislaman; dan untuk mengetahui kepraktisan modul pembelajaran gangguan kesehatan pada organ peredaran darah berbasis nilai-nilai keislaman. Penelitian Research and Development (R&D) merupakan jenis riset ini dipadukan model pengembangan 4D yang terdiri dari 4 tahap yaitu: (1) tahap analysis, (2) tahap design, (3) tahap development dan (4) tahap disseminate. Riset berlokasi di kelas V MIS 21 Al-Manar Lamone, dimana yang menjadi subjek penelitian adalah 25 peserta didik kelas V. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan angket validasi. Selanjutnya, ata di analisis dengan rumus persentase untuk data kuantitatif serta metode analisis statistik deksriptif untuk data kualitatif. Hasil penelitian memperlihatkan jika modul pembelajaran berbasis nilai-nilai keislaman berpredikat sangat valid dari penilaian 3 validator melalui revisi, komentar dan saran. Hasil perhitungan nilai kelayakan dari materi modul pembelajaran oleh ahli materi diperoleh nilai 78% kategori valid. Selanjutnya, rekapitulasi validitas bahasa modul pembelajaran oleh ahli bahasa diperoleh nilai 78% kategori valid. Kemudian rekapitulasi validitas agama modul pembelajaran oleh ahli agama diperoleh nilai 96% kategori sangat valid. Pelaksanaan uji kepraktisan modul pembelajaran mendapatkan nilai 82,5% kategori sangat praktis.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

refleksi

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

JURNAL PENDIDIKAN REFLEKSI (ISSN 2301-4059 | e-ISSN 2798-544X) adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan artikel di bidang Pendidikan dan Sosial Humaniora. Diterbitkan setiap tiga bulan (quarterly), jurnal ini bertujuan untuk memfasilitasi kajian akademik yang inovatif dan berbasis penelitian. Dikelola ...