Peran Alat Peraga Kelereng dalam Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Konsep Pecahan di Sekolah Dasar Kecamatan Sumarorong Kabupaten Mamasa: Sebuah Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas. Unit Penyelenggaraan Pembelajaran Jarak Jauh (UPBJJ) Pokjar Mamasa mencatat bahwa mata pelajaran Matematika di Sekolah Dasar (SD) mencakup konsep dasar yang memerlukan pengembangan keterampilan siswa. Dikarenakan rendahnya pemahaman siswa terhadap mata pelajaran ini, terutama pada materi pecahan di kelas IV SD Negeri 016 Kayumea, penulis mengambil inisiatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Peningkatan pembelajaran dilakukan melalui Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang melibatkan dua siklus pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 016 Kayumea pada semester 2 Tahun Pelajaran 2022/2023 dengan melibatkan 12 siswa kelas IV. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil dan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Matematika, khususnya pada materi Pecahan. Dengan menggunakan alat peraga kelereng berwarna, terjadi peningkatan yang signifikan pada hasil dan aktivitas belajar siswa. Data yang dikumpulkan selama penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, hasil observasi aktivitas siswa mencapai persentase 63,3% dengan nilai rata-rata sebesar 63,3. Kemudian, pada siklus II, terjadi peningkatan signifikan menjadi 82,57%, dengan nilai rata-rata mencapai 82,75. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan alat peraga kelereng berwarna efektif dalam meningkatkan hasil dan aktivitas belajar siswa pada materi Pecahan di SD Negeri 016 Kayumea.
Copyrights © 2023