Artikel ini membahas tentang Pengembangan Modul Pembelajaran yang tampilan dan isi modul disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik dengan menginternalisasikannya bersama ayat-ayat suci Al-Qur’an. Pelaksanaan riset ini untuk memproduksi modul pembelajaran tematik subtema rukun dalam perbedaan berbasis ayat-ayat suci Al0Qur’an; dan memperhitungkan validitas juga efektivitas modul pembelajaran tematik subtema rukun dalam perbedaan berbasis ayat-ayat suci Al-Qur’an. Penelitian ini memakai model pengembangan ADDIE yang dilaksanakan di MI Tumbubara, dengan jenis penelitian R&D yang berfokus pada produksi modul pembelajaran. Subjek pada riset ialah peserta didik Kelas VI MI Tumbubara serta objeknya ialah modul pembelajaran subtema rukun dalam perbedaan berbasis ayat-ayat suci Al-Qur’an. Informasi pada riset ini didapatkan dengan jalan observasi, wawancara, serta angket. Informasi berupa data diolah secara bertahap sesuai penelitian mix method. Hasil riset berupa modul pembelajaran subtema rukun dalam perbedaan berbasis ayat-ayat suci Al-Qur’an yang mendapatkan nilai kelayakan 92% (sangat layak) dari ahli agama, 100% (sangat layak) dari ahli bahasa, serta 87% (sangat layak) dari ahli materi/desain. Nilai kepraktisan yang didapatkan sebesar 82% (sangat praktis) dan nilai keefektifan yang di dapatkan sebesar 90% (sangat efektif).
Copyrights © 2023