Jurnal Pendidikan Refleksi
Vol. 12 No. 2 (2023): Jurnal Pendidikan Refleksi

Optimalisasi Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem-Based Learning Berbantuan Media Gambar pada Tema 1 Kelas III Sekolah Dasar

Tiwik Tri Rahayu (Universitas Terbuka)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan hasil pembelajaran Bahasa Indonesia melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah (Problem-Based Learning/PBL) yang didukung oleh media gambar pada Tema 1 kelas III Sekolah Dasar. Penelitian dilakukan dalam dua siklus yang melibatkan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian terdiri dari 32 siswa kelas III SD No 3 Werdi Bhuwana tahun ajaran 2023/2024, terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Data dikumpulkan melalui dokumen, observasi teman sejawat, siswa, dan guru kelas III dengan menggunakan teknik tes dan non-tes. Analisis data melibatkan pengurangan, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Model PBL pada siklus 1 meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi dan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah. Pada siklus 2, pemahaman siswa semakin meningkat, dan siswa dapat dengan baik mengatasi masalah yang diberikan. Secara keseluruhan, rata-rata hasil belajar meningkat dari pra-siklus (46,25) hingga siklus II (85,9), dan tingkat ketuntasan belajar meningkat dari 37,5% pada pra-siklus menjadi 90,6% pada siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Gambar pada Bahasa Indonesia Tema 1 Subtema 1 di kelas III SD No.3 Werdi Bhuwana tahun ajaran 2023/2024 efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

refleksi

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

JURNAL PENDIDIKAN REFLEKSI (ISSN 2301-4059 | e-ISSN 2798-544X) adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan artikel di bidang Pendidikan dan Sosial Humaniora. Diterbitkan setiap tiga bulan (quarterly), jurnal ini bertujuan untuk memfasilitasi kajian akademik yang inovatif dan berbasis penelitian. Dikelola ...