Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan hasil pembelajaran Bahasa Indonesia melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah (Problem-Based Learning/PBL) yang didukung oleh media gambar pada Tema 1 kelas III Sekolah Dasar. Penelitian dilakukan dalam dua siklus yang melibatkan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian terdiri dari 32 siswa kelas III SD No 3 Werdi Bhuwana tahun ajaran 2023/2024, terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Data dikumpulkan melalui dokumen, observasi teman sejawat, siswa, dan guru kelas III dengan menggunakan teknik tes dan non-tes. Analisis data melibatkan pengurangan, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Model PBL pada siklus 1 meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi dan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah. Pada siklus 2, pemahaman siswa semakin meningkat, dan siswa dapat dengan baik mengatasi masalah yang diberikan. Secara keseluruhan, rata-rata hasil belajar meningkat dari pra-siklus (46,25) hingga siklus II (85,9), dan tingkat ketuntasan belajar meningkat dari 37,5% pada pra-siklus menjadi 90,6% pada siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Gambar pada Bahasa Indonesia Tema 1 Subtema 1 di kelas III SD No.3 Werdi Bhuwana tahun ajaran 2023/2024 efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Copyrights © 2023