Penelitian ini fokus pada evaluasi penerapan media pembelajaran video animasi dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di SDN 52 Pattedong, Kecamatan Ponrang Selatan, Kabupaten Luwu. Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) digunakan selama dua siklus, melibatkan 16 peserta didik kelas IV sebagai subjek. Data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, dan tes untuk mengukur dampaknya terhadap hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I, sebanyak 66,875% peserta didik mencapai standar penilaian. Meskipun demikian, karena belum mencapai target yang ditentukan, peneliti melanjutkan ke siklus II. Pada siklus II, terjadi peningkatan signifikan hingga mencapai 88,75%. Dengan persentase ini, peneliti menghentikan tindakan dan menyimpulkan bahwa penggunaan video animasi dapat efektif meningkatkan hasil belajar IPAS peserta didik. Implikasi penelitian ini menyoroti pentingnya integrasi media pembelajaran inovatif, seperti video animasi, dalam proses pengajaran. Guru diharapkan menerapkan pendekatan serupa untuk memaksimalkan potensi pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa. Penggunaan teknologi dalam pembelajaran dapat menjadi solusi efektif dalam menciptakan lingkungan belajar yang dinamis dan memotivasi, sehingga meningkatkan kualitas pendidikan di SDN 52 Pattedong Kecamatan Ponrang Kabupaten Luwu.
Copyrights © 2024