Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Tipe Token terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPA di kelas II SDN 353 Patalabunga Larompong. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental (eksperimen semu). Dalam penelitian ini, jumlah populasi 30. Prosedur pengumpulan data menggunakan metode observasi, dan tes soal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Hasil pretest dan posttest kelompok eksperimen mengalami peningkatan setelah diberikan perlakuan melalui pembelajaran Time Toke. Nilai terendah pada saat pretest yaitu siswa yang memiliki nilai 6, sedangkan nilai tertingginya yaitu 10. Setelah siswa diberikan perlakuan nilai terendah pada saat posttest yaitu 10 dan tertinggi yaitu 20. Hasil pretest dan posttest kelompok kontrol mengalami peningkatan. Nilai tertendah pada saat pretest yaitu 3 dan nilai tertinggi yaitu 10. Sedangkan pada nilai posttest nilai terendahnya yatu 4 dan nilai tertingginya yaitu 10. Uji T pada pretest bahwa sig. 0,000, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Tipe Token dengan kelompok kontrol yang tidak menggunakan model pembelajaran Tipe Token. pada Posttest bahwa sig. 0,009, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Tipe Token dengan kelompok kontrol yang tidak menggunakan model pembelajaran Tipe Token.
Copyrights © 2024