Tujuan dari adanya penelitian ini yakni untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas VI di SDN 437 Kariako melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing khususnya pada mata pelajaran IPS materi globalisasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini ialah guru IPS dan siswa kelas VI dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang. Data penelitian diperoleh melalui instrumen penelitian dalam bentuk lembar observasi siswa dan guru beserta tes. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa aktivitas guru pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 3,46 dengan kategori cukup baik dan meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 4,82 dengan kategori baik sekali selanjutnya aktivitas siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 3,20 dengan kategori baik dan meningkat pada siklus II dengan memperoleh nilai rata-rata 4,90 dengan kategori baik sekali. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I dengan nilai persentase 40% hanya 8 siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) dari 20 siswa yang ada. Adapun Pada siklus II meningkat menjadi 90% atau 18 siswa yang tuntas dari 20 siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model kooperatif tipe Snowball Throwing dalam mata pelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SDN 437 kariako.
Copyrights © 2024