Jurnal Pendidikan Refleksi
Vol. 13 No. 2 (2024): Jurnal Pendidikan Refleksi

Pengembangan Bahan Ajar Sejarah Kebudayaan Islam Berbantuan Google Sites dalam Peningkatkan Minat Belajar Siswa

Amin, Muhammad Agil (Unknown)
Nurhidayah, Putri (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan, mengembangkan bahan ajar, serta menguji validitas dan kepraktisan bahan ajar Sejarah Kebudayaan Islam yang menggunakan Google Sites. Penelitian ini mengikuti model pengembangan ADDIE, yang mencakup tahapan Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Penelitian dilaksanakan di MTs Negeri Palopo selama periode Januari hingga Maret 2024. Data dikumpulkan menggunakan lembar validasi, lembar praktikalitas, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan adanya kebutuhan untuk bahan ajar berbasis Google Sites dalam proses pembelajaran di MTs Negeri Palopo. Setelah pengembangan bahan ajar, dilakukan uji validasi oleh ahli materi dan ahli media. Hasil uji validasi menunjukkan bahwa bahan ajar tersebut memperoleh nilai 88% (sangat valid) dari ahli materi dan 85% (sangat valid) dari ahli media. Selain itu, terdapat peningkatan minat belajar siswa setelah penggunaan bahan ajar berbasis Google Sites sebesar 48,3%. Minat belajar siswa sebelum penggunaan produk adalah 41,3% (cukup berminat), sementara setelah penggunaan produk meningkat menjadi 89,6% (sangat berminat). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan bahan ajar Sejarah Kebudayaan Islam berbasis Google Sites terbukti efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas VII A di Madrasah Tsanawiayah Negeri Palopo. Implikasi penelitian ini menunjukkan bahwa integrasi bahan ajar berbasis Google Sites dapat menjadi solusi inovatif untuk meningkatkan keterlibatan dan minat belajar siswa dalam mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, serta dapat diadopsi secara lebih luas di institusi pendidikan serupa untuk mencapai hasil pembelajaran yang lebih optimal.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

refleksi

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

JURNAL PENDIDIKAN REFLEKSI (ISSN 2301-4059 | e-ISSN 2798-544X) adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan artikel di bidang Pendidikan dan Sosial Humaniora. Diterbitkan setiap tiga bulan (quarterly), jurnal ini bertujuan untuk memfasilitasi kajian akademik yang inovatif dan berbasis penelitian. Dikelola ...