Jurnal Pendidikan Refleksi
Vol. 13 No. 2 (2024): Jurnal Pendidikan Refleksi

Integrasi Nilai Karakter melalui Metode Hypnoteaching dalam Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah

Sultan Abdul Munif (Institut Agama Islam Negeri Palopo)
Baderiah Baderiah (Institut Agama Islam Negeri Palopo)
Hisbullah Hisbullah (Institut Agama Islam Negeri Palopo)



Article Info

Publish Date
07 Aug 2024

Abstract

Artikel ini mengkaji integrasi nilai karakter dalam penerapan metode hypnoteaching di sekolah dasar. Penelitian ini dilandasi oleh pentingnya nilai karakter dalam kehidupan dan kegiatan siswa. Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengidentifikasi konsep pendidikan karakter pada siswa di tingkat madrasah ibtidaiyah, (2) Menganalisis konsep metode hypnoteaching dalam pembelajaran di tingkat madrasah ibtidaiyah, dan (3) Menjelaskan konsep integrasi nilai-nilai pendidikan karakter dalam sintaks metode hypnoteaching pada pembelajaran di tingkat madrasah ibtidaiyah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pustaka (library research), dengan data yang bersumber dari buku-buku terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi metode hypnoteaching dengan nilai-nilai karakter dapat dilihat melalui tahapan-tahapan pembelajaran yang melibatkan sugesti positif, relaksasi, dan penguatan karakter seperti disiplin, tanggung jawab, dan kejujuran. Hypnoteaching memanfaatkan teknik relaksasi dan sugesti untuk menciptakan kondisi belajar yang nyaman dan kondusif bagi siswa dalam menginternalisasi nilai-nilai tersebut. Hypnoteaching menggunakan teknik relaksasi untuk membantu siswa memasuki keadaan tenang dan fokus, sehingga mereka lebih mudah menerima dan memproses informasi. Dalam kondisi relaks ini, guru memberikan sugesti positif yang diarahkan pada penguatan nilai-nilai karakter, seperti kedisiplinan, tanggung jawab, dan rasa hormat. Sugesti ini diberikan dengan bahasa yang lembut dan afirmatif, menciptakan suasana yang menyenangkan dan aman bagi siswa untuk mengembangkan perilaku positif. Proses ini membantu siswa menginternalisasi nilai-nilai tersebut secara alami, karena mereka merasa lebih nyaman dan termotivasi dalam proses pembelajaran. Selain itu, teknik hypnoteaching juga membantu mengurangi kecemasan dan stres, yang sering kali menjadi penghalang dalam pembelajaran, sehingga siswa lebih terbuka untuk menerima pesan-pesan pendidikan karakter yang disampaikan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

refleksi

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

JURNAL PENDIDIKAN REFLEKSI (ISSN 2301-4059 | e-ISSN 2798-544X) adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan artikel di bidang Pendidikan dan Sosial Humaniora. Diterbitkan setiap tiga bulan (quarterly), jurnal ini bertujuan untuk memfasilitasi kajian akademik yang inovatif dan berbasis penelitian. Dikelola ...