Journal of Professional Education
Vol. 11 No. 2 (2022): Oktober

DAMPAK PASCA PANDEMI COVID 19 PADA SISTEM PENDIDIKAN JENJANG SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK)

Mawahib, Agus (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2022

Abstract

Di bulan Maret tahun 2020 virus Covid 19 telah menyebar di seluruh dunia. Pendidikan menengah di SMK menjadi salah satu jenjang yang kesulitan beradaptasi selama pandemi Covid 19. Hal tersebut disebabkan oleh perlengkapan dan peralatan praktik pembelajaran di SMK tidak tersedia di rumah. Pembelajaran praktik merupakan proses untuk meningkatkan keterampilan peserta didik dengan menggunakan metode yang sesuai dengan keterampilan yang diberikan dan peralatan yang digunakan. Kondisi pandemi menuntut pendidik untuk berinovasi menggubah pola pembelajaran tatap muka menjadi pola pembelajaran daring. Pada awalnya pembelajaran dengan moda daring sangat sulit diterapkan. Hal ini disebabkan guru dan peserta didik belum terbiasa melaksanakan pembelajaran secara virtual. Meski yang terlihat menonjol dampak negatifnya, nyatanya dengan adanya pandemi Covid 19 ini juga membawa dampak positif. Adapun dampak positif yang ditimbulkan diantaranya: pembelajaran menjadi lebih praktis dan Guru, peserta didik bahkan orang tua mendapatkan banyak pengetahuan baru dalam penggunaan aplikasi belajar daring dan penggunaan Teknologi Informasi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jurnalpendidikanprofesional

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Profesional adalah publikasi ilmiah yang berfokus pada artikel-artikel di bidang ilmu pendidikan. dan dirancang sebagai media untuk mempublikasikan hasil penelitian, kajian teori, serta pengembangan inovasi dalam pendidikan. Jurnal ini diharapkan dapat memberikan kontribusi penting ...