Education Curiosity
Vol 1 No 1 (2022): November 2022

Faktor Yang Menjadi Kendala Guru Dalam Melaksanakan Pembelajaran Tematik Di Kelas IV B Di SDN Kuin Selatan 1 Banjarmasin

Verawati, Inuriya (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui Faktor yang menjadi kendala guru dalam melaksanakan pembelajaran tematik di kelas IVB di SDN Kuin Selatan 1 Banjarmasin. Ada Faktor yang menjadi kendala guru dalam melaksanakan pembelajaran tematik di Kelas IVB di SDN Kuin Selatan 1 Banjarmasin. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IVB SDN Kuin Selatan 1 Banjarmasin yang berjumlah 32 orang siswa. Alat menggali data dalam penelitian ini digunakan teknik angket sebagai alat penggali data utama dan dokumen sebagai alat penggali data penunjang. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa ada Faktor yang menjadi kendala guru dalam melaksanakan pembelajaran tematik di Kelas IVB di SDN Kuin Selatan 1 Banjarmasin. Hasil perhitungan prosentase ditemukan bahwa : 1)Sub.Variabel Melaksanakan pembelajaran tematik, guru yang menyatakan selalu, ada 2,3% yang menyatakan kadang-kadang, ada 29,2%, dan yang menyatakan tidak pernah, ada 7,8%, 2)Sub.Variabel Menggunakan media tematik, guru yang menyatakan selalu, ada 3,9% yang menyatakan kadang - kadang, 1,5,% dan yang menyatakan tidak pernah, ada 7,0%, 3)Sub.Variabel Menggunakan tematik dalam pembelajaran, guru yang menyatakan selalu, ada 1,5% yang menyatakan kadang - kadang, 0,7,% dan yang menyatakan tidak pernah, ada 0,7 %, 4)Sub.Variabel Memberikan motivasi kepada siswa, guru yang menyatakan selalu, ada 25% yang menyatakan kadang - kadang, 25% dan yang menyatakan tidak pernah, ada 50%, dan 5)Sub.Variable melaksanakan evaluasi pada pembelajaran tematik, guru yang menyatakan selalu, ada 33,3% yang menyatakan kadang - kadang,16,7% dan yang menyatakan tidak pernah, ada 50%..

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

educurio

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics Other

Description

Jurnal EduCurio meliputi: Teori dan landasan pendidikan dan pembelajaran, Filsafat pendidikan dan pembelajaran, Teknologi pendidikan dan pembelajaran, Psikologi Pendidikan, Media pendidikan dan pembelajaran, Evaluasi pendidikan, Manajemen Pendidikan, Inovasi pendidikan dan pembelajaran, Pendidikan ...