cover
Contact Name
Agus Dian Mawardi
Contact Email
yptbkalsel@gmail.com
Phone
+6285654963323
Journal Mail Official
yptbkalsel@gmail.com
Editorial Address
Jl. Pematon No.10 Komplek Pembangunam I RT.18 RW.02 Banjarmasin Barat, Kode Pos 70116
Location
Kota banjarmasin,
Kalimantan selatan
INDONESIA
Education Curiosity
ISSN : 29646146     EISSN : 29630339     DOI : https://doi.org/10.71456/ecu
Core Subject : Education, Social,
Jurnal EduCurio meliputi: Teori dan landasan pendidikan dan pembelajaran, Filsafat pendidikan dan pembelajaran, Teknologi pendidikan dan pembelajaran, Psikologi Pendidikan, Media pendidikan dan pembelajaran, Evaluasi pendidikan, Manajemen Pendidikan, Inovasi pendidikan dan pembelajaran, Pendidikan untuk semua jenjang, Pendidikan formal, Pendidikan informal, Pendidikan non formal, Pendidikan pedesaan, Pendidikan perkotaan, Kurikulum pendidikan dan pembelajaran, Pendidik dan siswa, Kebijakan pendidikan dan pembelajaran, Metode dan strategi pembelajaran, Penilaian pembelajaran, sosial budaya, dll.
Articles 380 Documents
Faktor Yang Menjadi Kendala Guru Dalam Melaksanakan Pembelajaran Tematik Di Kelas IV B Di SDN Kuin Selatan 1 Banjarmasin Verawati, Inuriya
EduCurio: Education Curiosity Vol 1 No 1 (2022): November 2022
Publisher : Yayasan Pendidikan Tanggui Baimbaian

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.71456/ecu.v1i1.6

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui Faktor yang menjadi kendala guru dalam melaksanakan pembelajaran tematik di kelas IVB di SDN Kuin Selatan 1 Banjarmasin. Ada Faktor yang menjadi kendala guru dalam melaksanakan pembelajaran tematik di Kelas IVB di SDN Kuin Selatan 1 Banjarmasin. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IVB SDN Kuin Selatan 1 Banjarmasin yang berjumlah 32 orang siswa. Alat menggali data dalam penelitian ini digunakan teknik angket sebagai alat penggali data utama dan dokumen sebagai alat penggali data penunjang. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa ada Faktor yang menjadi kendala guru dalam melaksanakan pembelajaran tematik di Kelas IVB di SDN Kuin Selatan 1 Banjarmasin. Hasil perhitungan prosentase ditemukan bahwa : 1)Sub.Variabel Melaksanakan pembelajaran tematik, guru yang menyatakan selalu, ada 2,3% yang menyatakan kadang-kadang, ada 29,2%, dan yang menyatakan tidak pernah, ada 7,8%, 2)Sub.Variabel Menggunakan media tematik, guru yang menyatakan selalu, ada 3,9% yang menyatakan kadang - kadang, 1,5,% dan yang menyatakan tidak pernah, ada 7,0%, 3)Sub.Variabel Menggunakan tematik dalam pembelajaran, guru yang menyatakan selalu, ada 1,5% yang menyatakan kadang - kadang, 0,7,% dan yang menyatakan tidak pernah, ada 0,7 %, 4)Sub.Variabel Memberikan motivasi kepada siswa, guru yang menyatakan selalu, ada 25% yang menyatakan kadang - kadang, 25% dan yang menyatakan tidak pernah, ada 50%, dan 5)Sub.Variable melaksanakan evaluasi pada pembelajaran tematik, guru yang menyatakan selalu, ada 33,3% yang menyatakan kadang - kadang,16,7% dan yang menyatakan tidak pernah, ada 50%..
Faktor Yang Mempengaruhi Konsentrasi Belajar Siswa Kelas V Di SDN Nusa Indah Kabupaten Tanah Laut Hartini, Aditya
EduCurio: Education Curiosity Vol 1 No 1 (2022): November 2022
Publisher : Yayasan Pendidikan Tanggui Baimbaian

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.71456/ecu.v1i1.7

Abstract

Pelaksanaan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi konsentrasi belajar siswa kelas V di SDN Nusa Indah Kabupaten Tanah Laut.Penelitian ini dilaksanakan di SDN Nusa Indah Kabupaten Tanah Laut, dengan obyek faktor yang mempengaruhi konsentrasi belajar siswa kelas V dan subyeknya adalah siswa siswi SDN Nusa Indah Kabupaten Tanah Laut yang berjumlah 187. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan angket dan dokumentasi sebagai alat penggali data, analisis data yang digunakan yaitu teknik persantase dengan rumus P = F/N di kali 100% .Untuk menjawab dari rumusan masalah dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi konsentrasi belajar siswa meliputi: 1. Faktor Internal (96,6%), yaitu: faktor jasmaniah, faktor psikologi, dan faktor kelelahan. 2. Faktor Eksternal (98,3%), yaitu: faktor keluarga, faktor sekolah, dan faktor masyarakat. 3. Lingkungan belajar (98,1%), yaitu: suara, pencahayaan, temperatur, dan desain belajar. Dari beberapa faktor di atas dapat dikatakan bahwa faktor eksternal yaitu faktor sekolah yang sangat berpengaruh terhadap konsentrasi belajar siswa dengan persentase 70%. Jika diinterprestasikan, maka termasuk ke dalam sebagian besar yang mempengaruhi konsentrasi belajar.
Konsepsi Religius Dalam Ilmu Pengetahuan Dan Kritisismenya Terhadap Filsafat Barat Susanto, Deny
EduCurio: Education Curiosity Vol 1 No 1 (2022): November 2022
Publisher : Yayasan Pendidikan Tanggui Baimbaian

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.71456/ecu.v1i1.8

Abstract

Ilmu yang berkembang di dunia Barat saat ini berdasarkan pada rasio dan pancaindra. Plato memberikan definisi ilmu sebagai keyakinan sejati yang bermanfaat bagi manusia. Peradaban Barat ia memberi sumbangan besar bagi teknologi. Barangkali karena alasan ini para filsuf tertarik mendefinisikan daripada membahas beragam jenis ilmu, maka, cara untuk membedakan ilmu akan sesuatu dan ilmu akan kebenaran, dan kemudian membagi-bagi apa yang ia sebut ilmu akan sesuatu menjadi dua bagian: (i) ilmu berdasarkan pemberian dan (ii) ilmu berdasarkan pengenalan..Ada sejumlah hal yang kita tahu "tangan pertama" dan yang sebatas kita dengan atau baca-dengan kata lain hal-hal yang digambarkan pada kita. Sebagian besar ilmu kita masuk dalam kotak pertama. Kita mengetahui bahwa dengan penelitian ini ilmu, tidak berdasarkan pengenalan langsung, melainkan juga melalui penggambaran yang kita jumpai di buku-buku dan laporan ilmiah.
Efektivitas Pembelajaran Tatap Muka Secara Bertahap Pada Era Pandemi Covid-19 Di MI Miftahussholihin Kabupaten Banjar Tati’ah
EduCurio: Education Curiosity Vol 1 No 1 (2022): November 2022
Publisher : Yayasan Pendidikan Tanggui Baimbaian

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pembelajaran tatap muka secara bertahap pada era pandemi covid-19 tentu mendapatkan rintangan tersendiri karena adanya keterbatasan untuk saling menjaga protokol kesehatan baik guru ataupun peserta didik. Pembelajaran tatap muka secara bertahap adalah kegiatan pembelajaran yang dilakukan di sekolah dengan membagi jumlah peserta didik dalam satu kelas dan membagi jam pembelajaran peserta didik secara bertahap. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran tatap muka secara bertahap pada era pandemi covid-19 berjalan secara efektif. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah semua data terkumpul, langkah selanjutnya yakni teknik analisis data, yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian ini adalah guru kelas I-VI MI Miftahussholihin yang berjumlah 12 orang guru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran tatap muka secara bertahap berjalan efektif karena peserta didik dapat berinteraksi dan berkomunikasi dengan guru ataupun peserta didik lain secara langsung sehingga menunjang hasil belajar, pihak sekolah juga telah merencanakan dan melaksanakan pembelajaran sesuai dengan protokol kesehatan serta telah menyediakan fasilitas protokol kesehatan untuk menunjang kelancaran proses pembelajaran. Saran untuk sekolah, yakni dengan adanya penelitian ini dapat dijadikan acuan agar dapat terus meningkatkan pembelajaran dengan waktu yang terbatas sehingga peserta didik dapat memahami materi dengan baik sehingga pembelajaran berjalan efektif. Untuk guru, yakni diharapkan dapat terus mentaati protokol kesehatan sehingga mampu meningkatkan kegiatan pembelajaran tatap muka secara bertahap. Dan untuk peneliti diharapkan dapat menambah pengalaman, relasi dan pengetahuan dalam melakukan penelitian.
Sintak Model Problem Based Learning Pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Guru Di Sekolah Menengah Pertama Nurfadhillah, Dwi Utami; Elmiati; Putri, Dian Mega
EduCurio: Education Curiosity Vol 1 No 1 (2022): November 2022
Publisher : Yayasan Pendidikan Tanggui Baimbaian

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Berdasarkan fenomena yang ada guru sulit dalam membuat rencana pelaksanaan pembelajaran dengan model yang digunakan di dalam kelas. Khususnya dalam membuat rencana pelaksanaan pembelajaran dengan sintak problem based learning di Sekolah menengan pertama negeri 43 Sijunjung. Maka dari itu peneliti ingin melihat bagaimana kelengkapan sintak model problem based learning pada rencana pelaksanaan pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif yang dimana hasil kelengkapakan sintak problem based learning model dengan presentasi 64% pada rata-rata (hampir bagus).
Pengembangan Pedoman Penilaian Literasi Bahasa Untuk Siswa Sekolah Dasar Dalam Mencapai Kemampuan Higher Order Thingking Skills (HOTS) Rukmana, Piyona Indra; Retnoningsih, Diyah Ayu
EduCurio: Education Curiosity Vol 1 No 1 (2022): November 2022
Publisher : Yayasan Pendidikan Tanggui Baimbaian

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan ketidak tercapaian indikator literasi bahasa siswa kelas V SD yang mempengaruhi pada cara berpikir siswa dalam respon transfer informasi pada kegiatan pembelajaran. Berdasarkan need analysis, bahwa terdapat maslaah yang menimbulkan faktor ketidak tercapaian indikator literasi bahasa, masalah tersebut antara lain: (1) siswa kurang percaya diri dalam berbicara menyampaikan pendapat saat proses pembelajaran di kelas (2) kemandirian siswa dalam proses pembelajaran masih rendah sehingga mempengaruhi tingkat kemampuan berpikir kritisnya, dan (3) belum adanya pedoman penilaian literasi bahasa untuk guru yang sepesifik dalam pembelajaran literasi bahasa dikelas. Berdasarkan latar belakang masalah penelitian ini bertujuan untuk mengambangkan produk berupa buku pedoman penilaian literasi bahasa untuk mencapai kemampuan HOTS siswa kelas V SD. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development atau R&D) dengan desain Quasy non-equivalent group design dan menggunakan model dari Borg & Gall dengan 10 tahapan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket dan tes. Analisis data menggunakan Uji t teknik paired samples t-test. Hasil penelitian diperoleh (1) buku pedoman penilaian literasi bahasa layak dan valid digunakan berdasarkan hasil validasi media sebesar 4,0 dengan kategori baik dan ahli materi 3,75 dengan kategori baik. (2) Hasil perhitungan uji t terdapat peningkatan rata-rata nilai pre-test sebesar 66,18 dan post-test sebesar 78,86 dimana hasil akhir terdapat peningaan sebesar 12,68 setelah penggunaan produk. Hal ini menjawab hipotesis penlitian bahwa penlitian ini menunjukan terjadi peningkatan setelah diterapkan produk buku pedoman penilaian literasi bahasa indonesia dalam pembelajaran.
Gaya Bahasa Di Dalam Lagu “If I Were A Boy” Dan “Firework” Sebagai Bahan Ajar Untuk Sekolah Menengah Henryani, Silvi; Perpisa, Lili; Syafar, Dian Noviani
EduCurio: Education Curiosity Vol 1 No 1 (2022): November 2022
Publisher : Yayasan Pendidikan Tanggui Baimbaian

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.71456/ecu.v1i1.34

Abstract

Gaya Bahasa adalah Bahasa yang menggunakan berbagai macam kiasan. Peneliti ini mendiskusikan tentang analisis gaya Bahasa dalam lagu ‘’If I were a Boy’’ dan ‘’Firework’’ sebagai bahan ajar untuk Sekolah Menengah Atas. tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan makna tersirat dan tipe gaya Bahasa yang digunakan dalam lagu Beyonce dan Katy Perry. Sumber data diperoleh dari lirik lagu Beyonce dan Katy Perry. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan dokumen atau analisis isi sebagai tipe penelitiannya skripsi ini mendeskripsikan tipe dari gaya Bahasa yang ditemukan dari lagu Beyonce dan Katy Perry. Dari analisis, ada 7 tipe dari gaya Bahasa yaitu: Persamaan, Personifikasi, Hiperbola, Metafora, Imajinasi, Paronomasia, dan Penggulangan. Ada juga beberapa teori yang berhubungan dengan gaya Bahasa yang digunakan untuk mendukung analisis, dari data penelitian ditemukan bahwa, ada 2 Metafora, 2 Imajinasi, 6 Hiperbola, 5 Persamaan, 4 Penggulangan, 1 Paronomasia, dan 1 personifikasi. Kemudian gaya bahasa tersebut diklasifikasi dan dianalisis. Penelitian ini sangat diharapkan dapat memberikan kontribusi untuk pembaca berbahasa inggris mengetahui gaya Bahasa dengan jelas. Ini dapat membantu pembaca berbahasa inggris mengetahui makna tersirat dalam Bahasa Inggris. Dan ini juga diharapkan dapat memperkaya kosakata Bahasa inggris baru untuk digunakan dalam percakapan sehari-hari.
Profesionalisme Guru Bahasa Inggris: Dari Suara Guru Sekolah Menengah Atas Dalam Konteks Indonesia Septiani , Nurul; Perpisa, Lili; Syafar , Dian Noviani
EduCurio: Education Curiosity Vol 1 No 1 (2022): November 2022
Publisher : Yayasan Pendidikan Tanggui Baimbaian

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat kualitas dasar dan aspek keprofessionalan guru bahasa Inggris di SMAN 4 Mandau. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan langsung. Untuk penelitian ini, peneliti menggunakan teori Korkmazgil & Seferoğlu (2021). Data dikumpulkan dari 5 guru bahasa Inggris di SMAN 4 Mandau melalui wawancara semi-terstruktur. Analisis isi kualitatif (QCA) digunakan untuk menganalisis data wawancara ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik seorang guru Bahasa Inggris profesional dapat dikelompokkan dalam empat aspek, yaitu sifat dan kebajikan pribadi yang meliputi cinta, kepedulian, kesabaran, fleksibel, aktif, inspirasional, moral yang baik, low profile. pengetahuan mata pelajaran yang meliputi pengetahuan yang mendalam tentang konten, kemampuan bahasa Inggris yang baik, pengetahuan tentang target budaya, pengetahuan psikologis. Pengetahuan pedagogis yang meliputi pengetahuan tentang karakter siswa, kreatif dan adaptif, pengetahuan tentang teknologi. Pengembangan profesionalisme yang meliputi motivasi yang tinggi untuk terus belajar, up to date, mengikuti seminar dan melakukan penelitian. Dan guru bahasa Inggris di SMAN 4 Mandau menyebutkan cinta dan dedikasi untuk mengajar sebagai kualitas profesional dasar.
Ungkapan Idiomatik Dalam Film Raja Singa (2019) Iswara; Theresia, Melati; Syafar, Dian Noviani
EduCurio: Education Curiosity Vol 1 No 1 (2022): November 2022
Publisher : Yayasan Pendidikan Tanggui Baimbaian

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.71456/ecu.v1i1.47

Abstract

Idiomatik yang berkaitan dengan ungkapan idiomatik banyak digunakan dalam bahasa sehari-hari. Namun ironisnya, sebagian besar orang-orang mengalami kesulitan dalam memahami makna ungkapan idiomatik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk dan jenis idiom yang digunakan dalam film The Lion King(2019) Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Data dianalisis dengan menggunakan J.S.Hooper on his book A Quick English References (2009). Ada lima bentuk ekspresi idiomatik, yaitu: kata sifat idiomatik dan frase kata benda,kata kerja dan kata benda yang secara idiomatik berjalan bersama. frase adjektif idiomatik, frase preposisi idiomatik, noun diikuti secara idiomatik oleh preposisi dan yang terakhir adalah frase verbal idiomatik yang memiliki verba to be. Selanjutnya, konteks memiliki peran penting dalam menentukan makna yang membantu dan membantu orang-orang untuk mengeksplorasi makna ungkapan idiomatik penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif.jenis idiom, untuk menjelaskan strategi yang digunakan untuk klasifikasi ekspresi idiomatik, dan untuk mengevaluasi derajat kesetaraan makna klasifikasi idiom.
Register Komentator Sepakbola pada Sea Games 2017 Di Malaysia Rialdi, Dani Novia; Oktavianus; Revita, Ike
EduCurio: Education Curiosity Vol 1 No 1 (2022): November 2022
Publisher : Yayasan Pendidikan Tanggui Baimbaian

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pada penelitian ini dijelaskan tentang bentuk-bentuk register, makna dari bentuk-bentuk register dan fungsi dari bentuk-bentuk register yang digunakan oleh komentator sepakbola pada Sea Games 2017 di Malaysia. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini berjudul REGISTER KOMENTATOR SEPAKBOLA PADA SEA GAMES 2017 DI MALAYSIA. Dalam penelitian ini data yang digunakan adalah register yang terdapat pada tuturan komentator sepakbola dan konteks. Sumber data penelitian ini adalah tuturan komentator sepakbola pada Sea games 2017 di Malaysia yang diunduh dari situs vidio.com. Dalam penyediaan data dan informasi peneliti menggunakan metode simak, dengan metode lanjutan simak bebas libat cakap. Dalam menganalisis data peneliti menggunakan metode agih dan metode padan. Dari hasil analisis data peneliti menemukan 35 buah Register, dari segi bentuk-bentuk regiter penulis kategorikan berdasarkan satuan lingual frasa dan kata dan juga penulis kategorikan berdasarkan kelas kata, dari segi makna penulis menjelaskan berdasarkan makna leksikal dan makna kontekstual, sedangkan dari segi fungsi penulis mendeskripsikan register berdasarkan fungsi ekspresif, fungsi informatif, fungsi deskriptif, dan fungsi argumentatif.

Page 1 of 38 | Total Record : 380