Dampak pembelajaran daring dirasakan oleh tenaga pendidik sejak dari mewabahnya pandemi covid-19. Turunnya disiplin belajar siswa cukup terasa sampai pada pembelajaran tatap muka yang mengakibatkan hasil belajar siswa turun. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi apa yang dilakukan guru dalam meningkatkan disiplin belajar siswa pasca pandemic di sekolah menengah atas. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, melalui observasi dan wawancara guru tiap jenjang kelas. Hasil penemuan pada penelitian ini turunnya disiplin belajar pasca pandemi pada siswa yaitu siswa tidak mengerjakan tugas rumah, terlambat datang ke sekolah, dan kurang tertibnya siswa saat pembelajaran berlangsung. Strategi guru yang dapat dilakukan dengan cara memberi peringatan atau arahan, sedang bagi siswa yang terlambat atau tidak menyelesaikan tugas dengan cara menyuruh untuk mengerjakan kembali di sekolah sampai selesai. Strategi lainnya yang dilakukan guru berupa pendekatan dengan cara komunikasi, memberi nasihat, pujian dan penghargaan bagi siswa yang dapat menegakkan disipilin belajarnya kembali, memberikan penyadaran serta sanksi dan hukuman apabila tidak melaksanakan disiplin.
Copyrights © 2022