Penelitian ini bertujuan a) mendeskripsikan keterampilan menulis paragraf persuasif siswa kelas IX MTsN 1 Kota Palangka Raya, b) mendeskripsikan peningkatan sikap belajar siswa kelas IX MTsN 1 Kota Palangka Raya, dan c) mendiskripsikan peningkatan motivasi belajar siswa kelas IX MTsN 1 Kota Palangka Raya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan kualitatif. Penelitian kuantitatif yaitu berupa analisis nilai dari hasil tes menulis paragraf persuasif. Penelitian kualitatif berupa analisis data dari hasil nontes melalui observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat diketahui bahwa keterampilan siswa kelas IX MTsN 1 Kota Palangka Raya. Hal tersebut dapat diketahui melalui hasil menulis paragraf persuasif disetiap siklusnya. Pada prasiklus siswa memperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 43,5. Pada siklus I nilai rata-rata kelas siswa meningkat menjadi 61,17. Pada siklus II siswa memperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 64,83 dan pada siklus III nilai rata-rata kelas siswa menjadi 78. Hal tersebut membuktikan bahwa hasil menulis paragraf persuasif siswa mengalami peningkatan pada siklus I, siklus II, dan siklus III.
Copyrights © 2022