Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dimana data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara mendalam dengan kepala sekolah yang berada pada lokasi penelitian . Secara konseptual ada perbedaan penekanan antara mata pelajaran PPKn dengan PKn. Mata pelajaran PPKn lebih menekankan pada pembangunan karakter dan pelestarian nilai-nilai Pancasila. Sedangkan mata pelajaran PKn lebih menekankan pada pembentukan warga Negara yang paham akan hak dan kewajiban. Tujuan penerapan character building pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan juga lebih menekankan pada pembentukan karakter (afektif), sedangkan PKn lebih menekankan pada aspek berpikir kritis (kognisi). Sebenarnya antara moralitas dengan berpikir bukan dua hal yang terpisah sama sekali. Keduanya mempunyai hubungan. Kemampuan berpikir/kognisi seharusnya membimbing perilaku, sehingga semakin tinggi tingkat pengetahuannya juga semakin baik sikap dan moralnya, sebagaimana dalam pepatah “ilmu padi” semakin berisi semakin merunduk. Secara filosofi buah dari ilmu itu adalah wisdom/bijaksana. Oleh karena itu, seharusnya pendidikan mampu merubah perilaku seseorang, semakin tinggi tingkat pendidikannya semakin bijak sikap dan perilakunya.
Copyrights © 2023