Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan tujuan mengetahui pengaruh penerapan model problem based learning berbasis outdoor study terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Patimuan pada materi dinamika penduduk. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 49 siswa yang terdiri dari kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian ini mengguakan pretest dan posttest dengan jumlah 50 soal pilihan ganda. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji normalitas, homogenitas dan uji t untuk menjawab hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh penerapan model problem based learning berbasis outdoor study terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi yaitu peningkatan kelas eksperimen sebesar 19,6% dan kelas kontrol 9,1% dengan masing masing rata rata kelas eksperimen yaitu 71,6 dan kelas kontrol 61,1serta nilai signifikasi sebesar 0,002atau r hitung > r tabel dengan nilai 1,795>1,688
Copyrights © 2023