Berawal dari hasil belajar yang rendah saat ulangan harian peserta didik pada mata pelajaran geografi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak dari model Project Based Learning terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran geografi di SMA Negeri 1 Gombong. Objek dari penelitian ini adalah peserta didik-siswi kelas X 9 SMA Negeri 1 Gombong. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan di dalam kelas. PTK adalah penelitian yang menggambarkan terjadinya sebab-akibat dari perlakuan, sekaligus menggambarkan apa saja yang terjadi ketika perlakuan diberikan, dan menggambarkan seluruh proses sejak awal pemberian perlakuan sampai dengan dampak dari perlakuan tersebut. Hasil belajar peserta didik aspek kognitif pada siklus I senilai 75 meningkat menjadi 82,5 pada siklus II. Aspek afektif hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan pada siklus I 70 meningkat menjadi 85,5 pada siklus II. Aspek psikomotorik hasil belajar peserta didik mengalami kenaikan yang signifikan secara berturut-turut siklus I sebesar 75 meningkat menjadi 83,5 pada siklus II. Berdasarkan analisis hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Project Based Learning pada mata pelajaran Geografi di SMA Negeri 1 Gombong dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal ini ditunjukkan dari adanya peningkatan hasil belajar peserta didik pada aspek kognitif, aspek afektif, dan aspek psikomotorik pada tiap siklusnya.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023