Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan bahan bacaan yang valid dalam model blended learning untuk siswa kelas II SMA. Sehingga bahan bacaan dapat dijadikan sebagai sumber belajar bahasa Inggris, khususnya materi teks eksposisi analitis dan teks naratif. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan yang dikemukakan oleh Plomp (2013). Tahapan yang digunakan dalam model pengembangan ini hanya tahap 2 yaitu tahap prototyping yang sekaligus menguji validitas. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket validitas. Berdasarkan penilaian validator diperoleh validitas membaca materi blended learning sebesar 0,871 dengan kategori valid. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan bahan bacaan dalam blended learning pada materi teks eksposisi analitis dan teks naratif untuk siswa kelas II SMA dinyatakan valid dan dapat digunakan oleh guru dan siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023