Education Curiosity
Vol 1 No 2 (2023): Maret-Juni 2023

Mengembangkan Bahan Bacaan Dalam Blended Learning Untuk Siswa Kelas XI SMA

Wahyuni, Monica Shalbilla (Unknown)
Yulmiati (Unknown)
Sesmiyanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 May 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan bahan bacaan yang valid dalam model blended learning untuk siswa kelas II SMA. Sehingga bahan bacaan dapat dijadikan sebagai sumber belajar bahasa Inggris, khususnya materi teks eksposisi analitis dan teks naratif. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan yang dikemukakan oleh Plomp (2013). Tahapan yang digunakan dalam model pengembangan ini hanya tahap 2 yaitu tahap prototyping yang sekaligus menguji validitas. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket validitas. Berdasarkan penilaian validator diperoleh validitas membaca materi blended learning sebesar 0,871 dengan kategori valid. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan bahan bacaan dalam blended learning pada materi teks eksposisi analitis dan teks naratif untuk siswa kelas II SMA dinyatakan valid dan dapat digunakan oleh guru dan siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

educurio

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics Other

Description

Jurnal EduCurio meliputi: Teori dan landasan pendidikan dan pembelajaran, Filsafat pendidikan dan pembelajaran, Teknologi pendidikan dan pembelajaran, Psikologi Pendidikan, Media pendidikan dan pembelajaran, Evaluasi pendidikan, Manajemen Pendidikan, Inovasi pendidikan dan pembelajaran, Pendidikan ...