Tuliskan Penulisan makalah ini dilatarbelakangi oleh kemampuan membaca teks siswa SMA N 2 Pulau Punjung yang masih rendah. Banyak siswa sering menghadapi beberapa kesulian dalam belajar Bahasa Inggris terutama dalam membaca teks. Kondisi ini disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya seperti kurangnya pengetahuan dasar siswa tentang topik yang dibahas dan kurangnya penguasaan kosa kata mereka. Di sisi lain untuk menyelesaikan masalah penelitian ini apakah ada pengaruh strategi pembelajaran penemuan dalam membaca dan bagaimana tanggapan siswa ketika pembelajaran penemuan diterapkan dalam pengajaran pemahaman membaca. Tujuan dari penelitian ini untuk menjelaskan strategi Discovery Learning dalam mengajar pemahaman membaca. Penelitian ini difokuskan pada siswa kelas satu SMA N 2 Pulau Punjung. Peneliti mendapatkan informasi melalui 5 tahapan kegiatan yaitu stimulasi, pengumpulan data, pengolahan data dan menarik kesimpulan. Langkah-langkah pembelajaran yang dilalui sesuai dengan pendekatan saintifik yaitu mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, dan mengkomunikasikan. Pada akhirnya, peneliti berharap para guru dapat menggunakan strategi ini sebagai alternatif pelaksanaan kegiatan pemahaman membaca pada tingkat SMA.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023