Permasalahan pada penelitian ini ialah rendahnya aktivitas, keterampilan membaca pemahaman dan hasil belajar siswa muatan Bahasa Indonesia. Solusi mengatasi permasalahan tersebut, dengan menggunakan kombinasi model PBL, DRTA, dan Talking Stick. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas guru, menganalisis aktivitas siswa, keterampilan membaca pemahaman dan hasil belajar siswa pada muatan Bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan. Subjek penelitian ini ialah siswa kelas IV SDN Mawar 2 Banjarmasin yang berjumlah 29 orang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan, pada semester II tahun ajaran 2022/2023. Data yang diambil merupakan data kualitatif dan kuantitatif, teknik pengambilan data menggunakan observasi dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan aktivitas guru memperoleh skor 24 dengan kriteria sangat baik, aktivitas siswa mencapai 100% dengan kriteria seluruhnya aktif, keterampilan membaca pemahaman mencapai 100% dengan kriteria seluruhnya terampil, ketuntasan hasil belajar siswa memperoleh 98%. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan, dalam menggunakan kombinasi model pembelajaran PBL, DRTA, Dan Talking Stick dapat meningkatkan aktivitas, keterampilan membaca pemahaman dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Mawar 2 Banjarmasin.
Copyrights © 2023