Education Curiosity
Vol 2 No 1 (2023): November 2023

OPTIMALISASI PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN JARAK JAUH

Prasetyo, Gilang Dwi (Unknown)
Nasution, Muhammad Irwan Padli (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Dec 2023

Abstract

Studi ini bertujuan untuk memberikan rekomendasi tentang cara menggunakan Google Classroom sebagai platform pembelajaran jarak jauh yang lebih efektif. Google Classroom juga dianggap sebagai solusi untuk menyelesaikan pembelajaran daring. Dengan perkembangan teknologi yang sangat cepat, teknologi memengaruhi banyak aspek kehidupan manusia, termasuk pendidikan. Menurut penelitian oleh Keengwe & Georgina (2012), kemajuan teknologi telah mengubah cara pengajaran dan pembelajaran secara fundamental. Teknologi bukan hanya berperan sebagai alat pembelajaran, tetapi juga mendukung proses belajar mengajar serta menjadi sumber informasi dalam konteks pembelajaran (Wekke & Hamid, 2013). Pendekatan pembelajaran jarak jauh merupakan metode pembelajaran di mana interaksi antara pengajar dan siswa tidak terjadi secara langsung di kelas. Dalam konteks ini, E-Learning, salah satunya Google Classroom, menjadi solusi efektif karena menggunakan platform internet, yang memungkinkan pembelajaran tanpa harus bertatap muka di kelas fisik. Google Classroom dipilih karena efisiensinya dalam menghemat biaya dan waktu, serta memberikan fleksibilitas yang lebih besar bagi para pelajar. Metode penelitian ini menggunakan studi literatur atau telaah literatur.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

educurio

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics Other

Description

Jurnal EduCurio meliputi: Teori dan landasan pendidikan dan pembelajaran, Filsafat pendidikan dan pembelajaran, Teknologi pendidikan dan pembelajaran, Psikologi Pendidikan, Media pendidikan dan pembelajaran, Evaluasi pendidikan, Manajemen Pendidikan, Inovasi pendidikan dan pembelajaran, Pendidikan ...