Education Curiosity
Vol 2 No 1 (2023): November 2023

Penerapan Ice Breaking Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VI Di SDN Basirih 5 Banjarmasin

Meilida, Annisa (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana penerapan ice breaking dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas IV. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian pra-eksperimental (one group pre-test and post-test). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI dengan jumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan penyebaran kuesioner minat belajar siswa yang diambil dari indikator-indikator pada teori minat belajar. Sebelum kuesioner disebar sudah diuji validitas dan realiabilitasnya serta melakukan uji normalitas dan uji regresi linier sederhana. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan ice breaking terhadap siswa kelas VI di SDN Basirih 5 Banjarmasin bersignifikansi positif atau berpengaruh dalam meningkatkan minat belajar siswa, sesuai dengan hasil uji regresi linier sederhana terlihat bahwa niai t hitung 5,768 > t tabel 1,690 dan nilai signifikansi < 0,05.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

educurio

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics Other

Description

Jurnal EduCurio meliputi: Teori dan landasan pendidikan dan pembelajaran, Filsafat pendidikan dan pembelajaran, Teknologi pendidikan dan pembelajaran, Psikologi Pendidikan, Media pendidikan dan pembelajaran, Evaluasi pendidikan, Manajemen Pendidikan, Inovasi pendidikan dan pembelajaran, Pendidikan ...