Rendahnya hasil belajar siswa dengan mata pelajaran PPKn disebabkan oleh kurangnya aktivitas pembelajaran yang menjadi permasalahan dalam riset yang dilakukan. Usaha menumbuhkan keaktifan serta konsekuensi studi yaitu melalui penggunaan model Problem Based Learning, Make A Match, dan Think Pair Share. Penelitian ini memiliki tujuan menyelidiki tindakan guru, tindakan siswa serta hasil pendidikan mereka. Riset yang dilakukan menggunakan riset aksi kelas yang dilaksanakan dengan sebanyak tiga perjumpaan. Subyek riset yaitu siswa SDN Gambut 8 tahun ajaran 2023/2024 dengan jumlah 18 anak dari kelas III. Analisis data melibatkan penggunaan observasi, angket, serta data kinerja siswa. Berdasarkan penelitian, kinerja guru dinilai “sangat baik” dari perjumpaan awal hingga ketiga. Pada perjumpaan awal hingga ketiga aktivitas siswa berubah dari “kurang tinggi” menjadi “sangat tinggi”. Bisa diambil kesimpulan yaitu model Problem Based Learning, Make A Match, serta Think Pair Share di SDN Gambut 8 Kabupaten Banjar menambah keterlibatan guru, partisipasi siswa, serta hasil pendidikan siswa kelas III.
Copyrights © 2024