Education Curiosity
Vol 2 No 3 (2024): April-Juli 2024

Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Peserta Didik Terhadap Pembelajaran Ppkn Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL), Make A Match Dan Think Pair Share Pada Kelas III Di SDN Gambut 8 Kabupaten Banjar

Idah, Nur Munifah Assa (Unknown)
Asrani, Asrani (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jul 2024

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa dengan mata pelajaran PPKn disebabkan oleh kurangnya aktivitas pembelajaran yang menjadi permasalahan dalam riset yang dilakukan. Usaha menumbuhkan keaktifan serta konsekuensi studi yaitu melalui penggunaan model Problem Based Learning, Make A Match, dan Think Pair Share. Penelitian ini memiliki tujuan menyelidiki tindakan guru, tindakan siswa serta hasil pendidikan mereka. Riset yang dilakukan menggunakan riset aksi kelas yang dilaksanakan dengan sebanyak tiga perjumpaan. Subyek riset yaitu siswa SDN Gambut 8 tahun ajaran 2023/2024 dengan jumlah 18 anak dari kelas III. Analisis data melibatkan penggunaan observasi, angket, serta data kinerja siswa. Berdasarkan penelitian, kinerja guru dinilai “sangat baik” dari perjumpaan awal hingga ketiga. Pada perjumpaan awal hingga ketiga aktivitas siswa berubah dari “kurang tinggi” menjadi “sangat tinggi”. Bisa diambil kesimpulan yaitu model Problem Based Learning, Make A Match, serta Think Pair Share di SDN Gambut 8 Kabupaten Banjar menambah keterlibatan guru, partisipasi siswa, serta hasil pendidikan siswa kelas III.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

educurio

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics Other

Description

Jurnal EduCurio meliputi: Teori dan landasan pendidikan dan pembelajaran, Filsafat pendidikan dan pembelajaran, Teknologi pendidikan dan pembelajaran, Psikologi Pendidikan, Media pendidikan dan pembelajaran, Evaluasi pendidikan, Manajemen Pendidikan, Inovasi pendidikan dan pembelajaran, Pendidikan ...