Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh kedisiplinan terhadap hasil belajar PKN di SDN Galam Rabah 4 Kabupaten Banjar. Objek dalam penelitian ini adalah pengaruh kedisiplinan terhadap hasil belajar PKN di SDN Galam Rabah Kabupaten Banjar, sedangkan yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik di SDN Galam Rabah 4 Kabupaten Banjar. Metode dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 48 peserta didik dan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Purposive Sampling, sampel berjumlah 24 peserta didik. Alat penggali data yang digunakan berupa observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil Uji t berdasarkan out put SPSS diperoleh hasil t hitung lebih besar dari t tabel pada taraf signifikasi 5% yaitu 4.726 > 2.064, hal ini membuktikan bahwa variabel kedisiplinan berpengaruh terhadap hasil belajar. Maka hipotesisnya berbunyi ada pengaruh yang signifikan antara kedisiplinan terhadap hasil belajar PKN di SDN Galam Rabah 4 Kabupaten Banjar Ha Diterima. Berdasarkan pada hasil perhitungan koefisien determinasi diketahui 0.444 artinya kemampuan variabel kedisiplinan mempengaruhi variabel hasil belajar peserta didik sebesar 44.4 %.
Copyrights © 2024