Education Curiosity
Vol 3 No 1 (2024): Agustus-November 2024

Pengaruh Aplikasi Canva terhadap Kemampuan Menulis Cerita Fantasi Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 26 Medan Tahun Pembelajaran 2024/2025

Huljannah, Mifta (Unknown)
Hasnidar (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Sep 2024

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh aplikasi canva terhadap kemampuan menulis cerita fantasi pada siswa kelas VII SMP Negeri 26 Medan 2024/2025. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 26 Medan. Penelitian ini pendekatan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode ekperimen. Desain penelitian Posstest-Only Control Desaign. Populasi penelitian adalah seluruh kelas VII yang terdiri dari 9 kelas dengan jumlah 248 siswa. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII-G ditetapkan sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 32 orang dan kelas VII-I sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 32 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah nonprobability sampling karena semua anggota populasi dipilih menjadi sampel penelitian. Hasil penelitian kemampuan menulis cerita fantasi tanpa menggunakan aplikasi canva rata-rata 53,56 termasuk dalam kategori cukup. Sedangkan kemampuan menulis cerita fantasi dengan menggunakan aplikasi canva rata-rata 81,84 termasuk dalam kategori baik. Diketahui siswa yang memperoleh nilai 70-84 sebanyak 7 siswa atau 21,8% dalam kategori baik, siswa yang memperoleh nilai 55-69 sebanyak 8 orang siswa atau 25% dalam kategori cukup, siswa yang memperoleh nilai 40-54 sebanyak 13 orang siswa atau 40,62% dalam kategori kurang baik, yang memperoleh nilai 0-39 sebanyak 4 orang siswa atau 12,5% dalam kategori kurang. Dan siswa yang memperoleh nilai 85-100 sebanyak 11 siswa atau 31,25% dalam kategori sangat baik, siswa yang memperoleh nilai 70-84 sebanyak 16 atau 50% dalam kategori baik, siswa yang memperoleh nilai 55-69 sebanyak 5 orang atau 15,62% dalam kategori cukup. Berdasarkan uji t ini diketahui dari nilai t_hitung yang lebih besar dari t_tabel (10,38 > 1,66), maka penelitian yang dilakukan diterima dan terbukti kebenarannya. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh aplikasi canva terhadap kemampuan menulis cerita fantasi pada siswa kelas VII SMP Negeri 26 Medan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

educurio

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics Other

Description

Jurnal EduCurio meliputi: Teori dan landasan pendidikan dan pembelajaran, Filsafat pendidikan dan pembelajaran, Teknologi pendidikan dan pembelajaran, Psikologi Pendidikan, Media pendidikan dan pembelajaran, Evaluasi pendidikan, Manajemen Pendidikan, Inovasi pendidikan dan pembelajaran, Pendidikan ...