Education Curiosity
Vol 3 No 1 (2024): Agustus-November 2024

Pengaruh Model Pembelajaran Resource Based Learning Terhadap Kemampuan Menulis Teks Debat Siswa Kelas X SMAN 9 Medan Tahun Pembelajaran 2024/2025

Salsabila (Unknown)
Izar, Sri Listiana (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menganalisis teks debat dengan menggunakan model pembelajaran Resource Based Learning siswa kelas X SMAN 9 Medan tahun pembelajaran 2024/2025. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantatif dengan menggunakan metode eksperimen dalam bentuk desain penelitian Pottest Only Control Design. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X-5 yang berjumlah 36 siswa dan kelas X-2 yang berjumlah 35 siswa didalam penelitian ini menggunakan tes esai dengan teknik analisis data menggunakan standar deviasi, uji normalitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan kedua variable menunjukkan nilai normalitas yang baik diatas nilai standar 0,05. Berdasarkan hasilperhitungan uji hipotesis di atas diperoleh = 5,82 selanjutnya harga dibandingkan dengan harga dengan taraf signifikan α = 0,05 dengan dk = N1 + N2 – 2 = 69 didapat 1,66. Karena nilai > yaitu 5,82 maka hipotesis diterima dan terbukti kebenarannya. Hal ini berarti terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Resource Based LearningTerhadap Kemampuan Menulis Teks Debat Siswa Kelas X SMAN 9 Medan TahunPembelajaran 2024/2025.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

educurio

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics Other

Description

Jurnal EduCurio meliputi: Teori dan landasan pendidikan dan pembelajaran, Filsafat pendidikan dan pembelajaran, Teknologi pendidikan dan pembelajaran, Psikologi Pendidikan, Media pendidikan dan pembelajaran, Evaluasi pendidikan, Manajemen Pendidikan, Inovasi pendidikan dan pembelajaran, Pendidikan ...