Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi kurikulum merdeka dalam pembentukan karakter mandiri siswa di SDN Tangkawang Kabupaten Tapin dan untuk mengetahui karakter mandiri siswa di SDN Tangkawang Kabupaten Tapin. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data penelitian ini berasal dari data sekunder berupa profil sekolah dan dokumentasi sedangkan data primer berupa observasi dan wawancara. Informan dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, 2 orang guru, 2 orang siswa, dan 2 orang tua siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis pengumpulan data, reduksi data, dan penyajian data. Hasil penelitian ini menunjukkan guru sudah memahami Capaian Pembelajaran (CP), guru mampu merumuskan tujuan pembelajaran, guru menyusun alur tujuan pembelajaran, guru mampu merencanakan pembelajaran dan asesmen, guru mampu merencanakan pembelajaran agar bermakna, guru mampu merencanakan pembelajaran mendukung perkembangan kompetensi dan karakter siswa, guru menciptakan pembelajaran berkaitan dengan lingkungan siswa, guru meciptakan pembelajaran berorientasi pada masa depan yang berkelanjutan, guru melaksanakan asesmen formatif dan asesmen sumatif. Dan hasil penelitian pada karakter mandiri siswa di SDN Tangkawang Kabupaten Tapin menunjukkan siswa tidak tergantung terhadap orang lain, siswa memiliki kepercayaan diri, siswa berprilaku disiplin, siswa memiliki rasa tanggung jawab, berprilaku berdasarkan inisiatif sendiri, dan mampu mengontrol diri.
Copyrights © 2024