Pembentukan diri manusia dimulai dari lingkungan pertama mereka yakni keluarga. Sumber ajaran islam baik alqur’an maupun hadist juga menjelaskan betapa keluarga memiliki peran yang sangat dominan dan penting. Sementara itu, dalam prosesnya terdapat banyak teori yang digunakan oleh orang tua dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan terhadap anak nya, salah satunya adalah teori behavioristik. Maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan terkait Teori Behavioristik Dalam Pendidikan Keluarga Menurut Hadits Nabi. Metode yang digunakan adalah studi pustaka dengan teknik analisis isi di saat pengolahan data, lalu dilakukan penarikan kesimpulan secara deskriptif verifikatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Teori Behavioristik Dalam Pendidikan Keluarga Menurut Hadits Nabi mencakup prinsip-prinsip yang dikemukakan oleh Pavlov, Thorndike, Guthrie dan Skinner mulai dari pentingnya pengkondisian belajar, stimulus sebelum respon hingga lingkungan dimana semua hal tadi sudah dicontohkan oleh Nabi Muhammad jauh sebelum muncul para pencetus teori tersebut. Maka sepantasnya bagi seorang muslim untuk meneladani apa yang sudah dilakukan Nabi dalam ruang lingkup pendidikan, terutama ranah keluarga
Copyrights © 2023