Peran teknologi informasi dalam proses pembelajaran sangat penting, pandemi Covid-19 memberikan dampak yang sangat signifikan terutama dalam penerapan teknologi dalam proses pembelajaran. Schoology Learning Management System merupakan salah satu pilihan sebagai media pembelajaran yang inovatif bagi guru dan siswa. LMS seperti Schoology menyediakan fitur pembelajaran yang cukup lengkap dalam proses pembelajaran daring. Pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat terkait dengan pemanfaatan Schoology sebagai media pembelajaran inovatif untuk guru dan siswa di SMKS Al-Amin Kilang yang berlokasikan di Desa Kilang, Kecamatan Montong Gading, Kabupaten Lombok Timur, NTB bertujuan untuk memberikan pengetahuan baru tentang penggunaan teknologi pembelajaran, menggali manfaat penggunaan Schoology sebagai media pembelajaran, serta mengevaluasi dampaknya terhadap pengalaman belajar guru dan siswa. Metode kegiatan yang digunakan dengan survei, wawancara dan analisis data dari hasil pre test dan post test terhadap pemahaman guru dan siswa. Tahapan kegiatan pelatihan ini terdiri dari perencanan, pelaksanaan pelatihan dan evaluasi. Hasil dari kegiatan pelatihan menunjukkan bahwa guru dapat merancang, mendesain dan menyampaikan materi pembelajaran secara efektif. Siswa mengungkapkan bahwa proses pembelajaran dengan Schoology memberikan fleksibilitas dalam pembelajaran yang memungkinkan mereka untuk belajar secara mandiri dengan ketersedian akses ke sumber daya pembelajaran yang mudah, hal ini dapat dilihat berdasarkan hasil analisis data penggunaan platform Schoology melalui kuesioner oleh guru dan siswa. Dari 68 peserta yang terdiri dari 13 orang guru dan 55 orang siswa dengan persentasi tingkat pemahaman pada saat pre test sebesar 47.1% mengalami peningkatan yang cukup signifikan dari hasil post test 79.4%, ada peningkatan sebesar 32.4% dengan demikian kegiatan pelatihan ini dapat memberikan peningkatan pengetahuan baru dalam pengunaan teknologi pembelajaran dalam meningkatkan mutu pembelajaran.
Copyrights © 2023