IJoEd: Indonesian Journal on Education
Vol. 1 No. 2 (2024)

Pandangan Studi Gender Terhadap Pelecehan Seksual

Hawini, Dhea Agustina (Unknown)
Sarmauli, Sarmauli (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2024

Abstract

Studi gender terhadap pelecehan menjelaskan bahwa pelecehan seksual di Indonesia merupakan masalah yang meluas dan menimpa banyak individu, khususnya perempuan. Berbagai fenomena turut menyebabkan masalah ini, termasuk pelecehan di tempat kerja, pelecehan di jalanan, dan pelecehan daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui memeriksa dinamika kekuasaan, norma-norma masyarakat, dan faktor-faktor budaya yang berkontribusi terhadap terjadinya dan berlanjutnya pelecehan seksual. Metodologi penelitian ini dengan tinjauan pustaka yang melibatkan pencarian dan analisis sistematis artikel ilmiah, buku, dan laporan yang terkait dengan Studi Gender dan pelecehan seksual. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa persimpangan yang kompleks dapat mengungkap sifat sistemik pelecehan dan bekerja untuk menciptakan perubahan yang berarti dan mengembangkan strategi yang lebih efektif untuk pencegahan dan intervensi. Sebagai kesimpulan, mempelajari Perspektif Studi Gender tentang Pelecehan Seksual memberikan kerangka kerja penting untuk menganalisis dan menangani sifat multifaset dari masalah yang meluas ini. Saran hendeaknya studi gender terkhusus dikalangan anak muda agar menjadi edukasi yang lebih efektif untuk meminimalisasikan tingkat adanya kasus pelecehan seksual dan ketidak adilan gender diruang lingkup sekolah, pekerjaan dan lingkungan sosial.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ijoed

Publisher

Subject

Education

Description

Indonesian Journal on Education (IJoEd) is a peer-reviewed open-access journal established for disseminating state-of-the-art knowledge in the field of education. This journal is published annually in March, June, September, and December by LPPI Yayasan Almahmudi bin Dahlan. Indonesian Journal on ...