Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP)
Vol. 3 No. 2 (2018): Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP)

Penggunaan Media Komik Untuk Meningkatkan Kemampuan dan Minat Membaca Bagi Anak Tunagrahita Ringan Siswa Kelas XI di SLB Pembina Kupang

Daniel Nabunome (Universitas Muhammadiyah Kupang)
Arifin (Universitas Muhammadiyah Kupang)
Sunu Hastuti (Universitas Muhammadiyah Kupang)



Article Info

Publish Date
19 Feb 2020

Abstract

Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah penggunaan media komik dapat meningkatkan kemampuan membaca bagi anak tunagrahita ringan di SLB Pembina Kupang. Tujuan penelitian: untuk mendeskripsikan kemampuan membaca anak tunagrahita ringan sebelum diterapkan media komik dan untuk mendeskripsikan kemampuan membaca anak tunagrahita ringan setelah diterapkan media komik. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Metode yang digunakan adalah metode diskriptif kualitatif. Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penggunaan media komik dapat meningkatkan kemampuan membaca bagi anak tunagrahita ringan. Hal ini dapat diketahui dari peningkatan kemampuan membaca yakni rata-rata skor sebelum penggunaan media komik 13,1 atau 43,6%, setelah penggunaan media komik rata-rata skor 26,3 atau 87% pada masing-masing aspek (kelancaran, intonasi, pelafalan, kenyaringan).

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jipend

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

JIP: Jurnal Ilmu Pendidikan adalah jurnal akses terbuka yang direview secara double-blind. Jurnal ini menyediakan publikasi artikel pada semua bidang pendidikan (Multidisiplin) Ilmu Pendidikan. Tujuannya adalah menyediakan platform bagi para peneliti, akademisi, dan praktisi untuk berbagi, ...