Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP)
Vol. 4 No. 1 (2019): Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP)

PENERAPAN METODE TUTOR SEBAYA PADA MATAKULIAH MICROTEACHING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR MAHASISAWA CALON GURU

Arifin Arifin (Universitas Muhammadiyah Kupang)
Muh. Ridwan H. Umar (Universitas Muhammadiyah Kupang)



Article Info

Publish Date
20 Feb 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan keterampilan dasar mahasiswa calon guru dengan menggunakan metode tutor sebaya pada mata kuliah microteaching yang meliputi: (1) keterampilan bertanya, (2) keterampilan memberi penguatan, (3) keterampilan mengadakan variasi, (4) keterampilan menjelaskan, (5) keterampilan membuka dan menutup pelajaran, (6) keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil, (7) keterampilan mengelola kelas dan (8) keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data interaktif model Milles dan Huberman. Hasil yang diperoleh dalam penelian ini menunjukkan bahwa dari 8 keterampilan dasar mengajar, keterampilan yang telah dikuasai adalah keterampilan membuka dan menutup pelajaran, keterampilan menjelaskan, keterampilan bertanya, keterampilan memberi penguatan, dan keterampilan mengadakan variasi. Sedangkan keterampilan mengelola kelas, keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil, dan keterampilan mengajar kelompok kecil perorangan belum dapat diterapkan dengan baik. Demikian halnya dalam penyusunan RPP dan LKS masih banyak yang perlu diperbaiki.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jipend

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

JIP: Jurnal Ilmu Pendidikan adalah jurnal akses terbuka yang direview secara double-blind. Jurnal ini menyediakan publikasi artikel pada semua bidang pendidikan (Multidisiplin) Ilmu Pendidikan. Tujuannya adalah menyediakan platform bagi para peneliti, akademisi, dan praktisi untuk berbagi, ...