Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keefektifitas belajar daring, melalui media game edukasi quiziz.mata pelajaran IPS siswa IX MTs Al-Qadr Betun. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subyek sebanyak 23 siswa. Penelitian dilaksanakan 2 siklus, masing-masing siklus 2 kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pelasksanaan tahap-tahap penelitian sedikit berbeda dari pembelajaran dalam kelas karena pembelajaran dilakukan terpisah atau siswa berada di rumah masing-masing. Berdasarkan hasil penelitian ini, pada siklus I diperoleh rata-rata siswa yang aktif 52,25%, dengan kategori cukup.Sedangkan pada siklus II diperoleh rata-rata siswa aktif 73,9%, dengan kategori tinggi. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan keaktifan siswa 17,69%. Dengan demikian penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran daring melalui media game edukasi quiziz. dapat meningkatkan keaktifan siswa mata pelajaran IPS siswa kelas IX MTs Al-Qadr Betun.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021