Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP)
Vol. 6 No. 2 (2021): Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP)

MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING MELALUI GAME EDUKASI QUIZIZ MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS IX MTs AL-QADR BETUN

Suriyanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Oct 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keefektifitas belajar daring, melalui media game edukasi quiziz.mata pelajaran IPS siswa IX MTs Al-Qadr Betun. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subyek sebanyak 23 siswa. Penelitian dilaksanakan 2 siklus, masing-masing siklus 2 kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pelasksanaan tahap-tahap penelitian sedikit berbeda dari pembelajaran dalam kelas karena pembelajaran dilakukan terpisah atau siswa berada di rumah masing-masing. Berdasarkan hasil penelitian ini, pada siklus I diperoleh rata-rata siswa yang aktif 52,25%, dengan kategori cukup.Sedangkan pada siklus II diperoleh rata-rata siswa aktif 73,9%, dengan kategori tinggi. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan keaktifan siswa 17,69%. Dengan demikian penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran daring melalui media game edukasi quiziz. dapat meningkatkan keaktifan siswa mata pelajaran IPS siswa kelas IX MTs Al-Qadr Betun.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jipend

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

JIP: Jurnal Ilmu Pendidikan adalah jurnal akses terbuka yang direview secara double-blind. Jurnal ini menyediakan publikasi artikel pada semua bidang pendidikan (Multidisiplin) Ilmu Pendidikan. Tujuannya adalah menyediakan platform bagi para peneliti, akademisi, dan praktisi untuk berbagi, ...