Tujuan dari penelitian ini (1) Untuk mengetahui Peran Guru dalam Mengatasi Bullying (2) Untuk mengetahui faktor penghambat peran guru dalam mengatasi bullying. Jenis peneliti ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis interaktif yang terdiri dari tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peran guru dalam mengatasi bullying di SMA Negeri Sasitamean, Kecamatan Sasitamean, Kabupaten Malaka sudah terbukti yakni sebagai Pendidik guru memberikan teladan, memotivasi, menasehati, peserta didik untuk saling menghargai dan menghormati, dan memberikan hukuman terhadap peserta didik yang melakukan bullying untuk menuliskan karya ilmiah. Berikutnya, sebagai pembimbing yakni guru memberikan bimbingan secara klasikal kepada peserta didik dengan menjelaskan akibat bullying, selanjutnya guru menasehati dan mendorong peserta didik agar menghindar diri dari perilaku bullying. Selain itu, guru juga mengajak seluruh peserta didik untuk bekerja sama dalam meningkatkan rasa saling menghargai dan menghormati antar siswa di dalam lingkungan sekolah. Sedangkan faktor yang mengahambat peran guru dalam mengatasi perilaku bullying, (1) Guru belum sepenuhnya bisa mengontrol perilaku bullying. (2) masih ada orangtua yang belum bisa bekerjasama dengan guru dalam mengatasi bullying (3) masih ada siswa yang belum membuka diri tentang apa yang dialaminya.
Copyrights © 2023