E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
VOLUME.13.NO.12.TAHUN.2024

TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN HAUS! INDONESIA DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS KONSUMEN SAAT MARAKNYA AKSI BOIKOT

Elina Felda Andreani (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Semarang, Jawa Tengah, Indonesia)
Firdaus Firdaus (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Semarang, Jawa Tengah, Indonesia)
Nurhayati Nurhayati (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Semarang, Jawa Tengah, Indonesia)
Nadia Ayu (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Semarang, Jawa Tengah, Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Haus! Indonesia menyajikan makanan dan minuman yang bervariasi, namun dalam menyajikan suatu menu terdapat bahan baku menggunakan produk yang tengah ramai diboikot saat ini sehingga hal ini menjadi tantangan bagi Haus! Indonesia untuk meningkatkan loyalitas konsumen. Kepercayaan dan keterlibatan konsumemn melalui tanggung jawab sosial perusahaan menjadi upaya bagi Haus! Indonesia. Studi ini bertujuan menguji peran tanggung jawab sosial perusahaan dalam memediasi untuk meningkatkan loyalitas konsumen. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan sampel sebanyak 104 responden. Data diperoleh menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan SEM PLS meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji pengaruh langsung, dan uji mediasi. Hasilnya kepercayaan konsumen, keterlibatan konsumen secara langsung dan positif signifikan terhadap loyalitas konsumen, tanggung jawab sosial perusahaan. Temuan terbaru kami bahwa tanggung jawab perusahaan tidak memediasi kepercayaan konsumen terhadap loyalitas konsumen namun memediasi keterlibatan konsumen terhadap loyalitas konsumen. Kesimpulannya bahwa untuk meningkatkan loyalitas konsumen, Haus! Indonesia perlu melakukan tanggung jawab sosial perusahaan untuk mengurangi risiko dari menggunakan bahan baku yang diboikot.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

EEB

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana (EEB) is an electronic scientific journal that publishes the results of economic and business studies. EEB is published periodically every month with an online format. EEB Editor receives written results of studies in the fields of economics, ...