JOEL: Journal of Educational and Language Research
Vol. 2 No. 3: Oktober 2022

KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN GEOGEBRA

Hendra Susanto (Universitas Sains Cut Nyak Dhien)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2022

Abstract

Peserta didik belum terbiasa dengan permasalahan kontekstual yang berkaitan dengan matematika. Hal ini berdampak terhadap pemahaman matematis siswa, karena pemahaman matematis merupakan landasan penting untuk berpikir dalam menyelesaikan permasalahan matematika maupun permasalahan sehari-hari. Begitupula dengan penerapan IT yang begitu penting untuk menumbuhkan minat dan wawasan siswa, misalnya seperti geogebra yang dapat membantu menumbuhkan kemampuan matematis siswa melalui ilustrasi yang ditampilkan dalam software tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemahaman matematis siswa pada materi bangun ruang dengan model PBL berbantuan Geogebra di SMA Negeri 1 Banda Aceh. Subjek dalam penelitian ini yaitu 5 orang siswa yang dipilih berdasarkan skor pemahman matematis. Instrumen yang digunakan yaitu tes pemahaman matematis. Data dianalisis berdasarkan indikator-indikator pemahaaman matematis. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat 1 orang berada pada kategori sangat tinggi, 2 orang pada kategori tinggi, dan 2 orang berada pada kategori cukup, hasil rata-rata skor 76. Dari beberapa siswa yang dijadikan sampel pada penelitian ini terlihat bahwa sebahagian besar siswa sudah mampu menguasai soal yang memuat semua indikator pemahaman matematis sehingga dapat disimpulkan bahwa pemahaman matematis siswa sudah baik. Kajian implikasi dari penelitian ini yaitu pembelajaran dengan model PBL berbantuan geogebra dapat dijadikan sebagai alternatif/inovasi dalam pembelajaran yang dapat menumbuhkan pemahaman matematis siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JOEL

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

JOEL: Journal of Educational and Language Research published by Bajang Institute, was established in twelve times a year and with printed version of ISSN: 2807-937X and the online version of ISSN: 2807-8721. We invite critical and constructive inquiries into wide range of fields of study with ...