Buletin Poltanesa
Vol 23 No 1 (2022): Juni 2022

Sistem Deteksi Kualitas Kopra Berdasarkan Warna dan Tekstur

Zaldy, Idhan (Unknown)
Khairat, UL (Unknown)
Maslan (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2022

Abstract

Kopra adalah kelapa yang sudah dikupas dan daging yang diambil harus segera dikeringkan. Proses pengeringan sendiri dapat dilakukan dengan dua cara. Metode pertama menggunakan bantuan sinar matahari dan metode kedua menggunakan proses pengolahan gas dari tungku. Kopra putih yang cocok untuk dijual dikirim ke baler atau biasa disebut kopra toke. Toke Kopra ditentukan dengan melihat tekstur dan warna Kopra serta melihat harga Kopra putih. Jenis penetapan harga ini masih relatif umum. Hal ini dapat menyebabkan angka kopra yang salah saat memperkirakan harga kopra. Dalam penelitian ini dilakukan di pabrik kopra sala satu warga masyarakat camplagian, Adapun alat dan bahan dalam penelitian ini ada dua yaitu perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software), kemudian dalam pengumpulan data peneliti ada dua diantaranya studi pustaka yaitu mengumpulkan suatu data melalui jurnal penelitian yang telah ada sebelumnya dengan mempelajari, mendalami dan mengutip teori- teori dan teknik observasi yang mana peneliti melakukan pengamatan secara langsung ke objek penelitian untuk melihat dari dekat kegiatan yang dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk membantu petani mengetahui kualitas Kopra menggunakan metode Neural Mean Classifier (NMC), sistem deteksi kualitas kopra berdasarkan warna dan tekstur ini dapat digunakan dalam pendeteksian Kopra dibedakan menjadi kopra baik dan buruk.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

tanesa

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Education

Description

Buletin Poltanesa is a collection of research articles, scientific works, and dedication from all academic community in order to integrate information. Buletin Poltanesa provides open publication services for all members of the public, both in all tertiary educational and teacher environments and ...