Buletin Poltanesa
Vol 23 No 1 (2022): Juni 2022

Literasi Pengelolaan Keuangan Cerdas pada Anak Usia Dini

Filasti Rahma (Keuangan Publik, Politeknik Baubau)
Yunarsi (Keuangan Publik, Politeknik Baubau)
Wilda Fatmala (Keuangan Publik, Politeknik BauBau, BauBau)
Murni Sari (Keuangan Publik, Politeknik Baubau)
Husriah (Keuangan Publik, Politeknik BauBau)
Janna Meilani Ode (Keuangan Publik, Politeknik BauBau, BauBau)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2022

Abstract

Literasi finansial merupakan kecakapan hidup (life skills) yang harus dibekalkan pada anak. Pendidikan literasi keuangan pada anak bukan sekadar pada pengenalan uang, namun lebih jauh pendidikan literasi keuangan pada anak adalah sebuah konsep tentang pengenalan pengelolaan keuangan secara bijak dan mampu mengontrol pengeluaran keuangan dengan membedakan mana yang menjadi kebutuhan dan mana yang hanya keinginan. Sehingga pengenalan terhadap pengetahuan literasi keuangan sejak dini akan membuat anak-anak terbiasa mengelola keuangan dengan baik dan benar di masa yang akan datang. Di Indonesia pendidikan literasi keuangan masih menjadi sesuatu yang sangat jarang dilakukan. Tim Pengabdian Kepada Masyarakat memandang sangat penting untuk menyelenggarakan pelatihan terkait literasi pengelolaan keuangan cerdas pada anak usia dini yang dilaksanakan di TK Setia Kota Baubau. Pada kkegiatan ini tim Pengabdian Kepada Masyarakat mengenalkan pada anak terkait me manajemen keuangan, belajar tentang hidup hemat dengan cara merencanakan keuangan untuk persiapan dimasa depan, memotivasi anak untuk bertindak secara bertanggung jawab dan bijaksana serta mendorong kepedulian sosial.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

tanesa

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Education

Description

Buletin Poltanesa is a collection of research articles, scientific works, and dedication from all academic community in order to integrate information. Buletin Poltanesa provides open publication services for all members of the public, both in all tertiary educational and teacher environments and ...