Jurnal Media Informatika
Vol. 6 No. 2 (2025): Jurnal Media Informatika

Strategi Meningkatkan Nilai Melampaui Batas Kriteria Ketuntasan Minimal Mata Pelajaran PAI

Nur Safitri, Sisil Lia (Unknown)
Muslimah, Muslimah (Unknown)
Lutfi, Saiful (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Feb 2025

Abstract

Guru harus menerapkan strategi dalam pembelajaran, karenanya guru menjadi faktor penting dan esensial. Oleh karena itu, guru bertanggung jawab terhadap perkembangan kognitif, emosional, dan psikomotorik siswa, khususnya di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru PAI dan dampaknya terhadap peningkatan nilai siswa. Dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Penelitian ini melibatkan tiga orang guru pendidikan agama Islam sebagai subjek dan delapan orang informan (kepala sekolah, wakil kepala sekolah, seorang guru kelas, dan tiga siswa kelas dua belas). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi partisipan, wawancara, dan dokumentasi. Teknik validasi data menggunakan triangulasi sumber. Menganalisis data dengan cara mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran yang digunakan guru PAI di SMK Negeri 3 Palangka Raya menerapkan beberapa strategi, antara lain: Perencanaan pembelajaran dan implementasinya, guru menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang kreatif dan inovatif, dan diimplementasikan sesuai perencanaan yang dibuat; guru juga menerapkan model pembelajaran penemuan dan berbasis masalah dengan menggunakan metode nonkonvensional seperti diskusi, penugasan, tanya jawab, menemukan, mengeksplor dan praktik langsung; guru mengembangkan materi ajar sesuai dengan kebutuhan dan pemanfaatan lingkungan sekitar siswa, selain bersumber dari buku dan sumber digital; guru menggunakan fasilitas berbasis teknologi sebagai adaptasi pembelajaran siswa di era digital; selain itu guru juga melakukan remidial. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai peserta didik yang melampaui KKM. Strategi pembelajaran yang diterapkan terbukti efektif dalam meningkatkan nilai melampaui batas kriteria ketuntasan minimal mata pelajaran PAI.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jumin

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

1. IT Infrastructure and Security (ITIS): Information Security and Privacy Digital Forensics Network Security Cryptography Cloud and Virtualization Emerging Technologies Computer Vision and Image Ethics in Information Systems Human Computer Interaction Wireless Sensor Networks Medical Image Analysis ...