Pemasaran digital adalah metode promosi produk yang memanfaatkan platform digital untuk menjangkau konsumen secara cepat dan tepat. Salah satu strategi efektif adalah penggunaan foto produk yang menarik, yang dapat dipublikasikan melalui media online seperti instagram atau brosur digital. Kirana Kebaya Bali, sebuah UMKM di bidang fashion yang menawarkan berbagai busana adat dengan harga terjangkau, menggunakan strategi pemasaran digital melalui katalog instagram dan live di platform seperti TikTok. Namun, karyawan Kirana Kebaya Bali menghadapi beberapa tantangan, termasuk kurangnya pemahaman dalam berinteraksi dengan pelanggan secara live dan pentingnya kualitas foto produk. Penting untuk melakukan pelatihan dan pendampingan bagi karyawan agar mereka dapat lebih efektif dalam menggunakan media sosial, memahami produk, dan memaksimalkan strategi pemasaran digital. Katalog online juga berperan penting dalam mempermudah konsumen dalam memilih dan membeli produk secara efisien. Metode pelaksanaan untuk pelatihan dan pendampingan pembuatan katalog produk serta live produk di Kirana Kebaya Bali meliputi metode observasi dengan mengamati langsung di lokasi untuk menganalisis situasi dan mengidentifikasi masalah yang dihadapi oleh UMKM, metode perancangan program kerja dengan menyusun program kerja berdasarkan hasil observasi untuk mengatasi permasalahan yang ditemukan. Program ini mencakup solusi yang tepat untuk peningkatan kualitas katalog dan live produk, selain itu terdapat metode pelaksanaan kerja yang meliputi metode dokumentasi dan metode evaluasi. Selanjutnya memberikan pemahaman materi dan edukasi dan pelatihan pembuatan foto katalog dan live produk.
Copyrights © 2024