cover
Contact Name
Ni Putu Ayu Mirah Mariati
Contact Email
ayumirahmariati@unmas.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
ayumirahmariati@unmas.ac.id
Editorial Address
Jalan Kamboja, No.11 A Denpasar Bali
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
SENEMA
ISSN : -     EISSN : 29632552     DOI : -
Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat (SENEMA) sebagai wujud diseminasi kegiatan ilmiah pengabdian masyarakat yang dilakukan sivitas akademika Perguruan Tinggi Negeri/Swasta di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat (SENEMA) merupakan hasil program pengabdian masyarakat yang terbit dua kali dalam satu tahun. Prosiding ini menyajikan naskah pengabdian kepada masyarakat yang dirancang secara tematik oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati Denpasar. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat (SENEMA) dengan registrasi elektronik ISSN 2963-2552
Articles 588 Documents
PEMANFAATAN SISTEM TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PENGELOLAAN KEUANGAN DAN PEMASARAN DI UMKM GETACAKE BALI SELAMA COVID-19 Putu Kepramareni; Ayu Rsitha Cahaya Waisnawa
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA) Vol 1 No 1 (2022): PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA)
Publisher : Universitas Mahasaraswati Denpasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pandemi covid-19 mulai menyabar ke indonesia pada bulan maret 2020. Pandemi covid-19 memberikan dampak terhadap pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Indonesia. Peristiwa ini juga dirasakan dampaknya oleh UMKM Getacake Bali. Getacake Bali merupakan salah satu UMKM yang bergerak di bidang makanan khususnya kue. Mempertahankan usaha di tengah pandemi tentu bukan hal yang mudah, semenjak pandemi penjulan Getacake Bali menurun ditambah naiknya harga bahan baku kian mempersulit penjualan. Dalam melakukan pencatatan penjualan atau pembukuan Getacake Bali masih menggunakan pembukuan sistem manual tulis tangan dibuku penjualan.Rendahnya omset penjualan dimasa pandemi covid-19, karena kurangnya pemahaman mengelola Instagram dengan baik dan online marketing menggunakan e-commerce Solusi yang dapat diberikan adalah,melakukan pelatihan pembuatan sistem laporan keuangan sederhana dengan Microsoft excel, mensosialisasikan dan membantu pemasaran produk melalui sosial media dan e-commerce yaitu dengan mengelola akun Instagram dan melakukan pemasaran di shopee. Metode yang digunakan dalam melaksanakan kegiatan Pengabdian Masyarakat Peduli Bencana Covid-19 adalah dengan metode penyuluhan, pendampingan, dan pelatihan yaitu dengan melakukan kegiatan yang berkaitan dengan program kerja tatap muka, komunikasi langsung dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Pemanfaatan Sistem Teknologi Informasi Dalam Pengelolaan Keuangan dan Pemasaran Di UMKM Getacake Bali Selama Covid-19 telah berhasil dilaksanakan melalui sosialisasi, pelatihan dan pendampingan dengan ketercapaian 100%.
PENERAPAN DAN OPTIMALISASI SISTEM INFORMASI KOMPUTER PADA INVENTORY OF INDIRECT MATERIAL PT. BONOFACTUM I Gede Cahyadi Putra; Krista Elnina Anggreni
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA) Vol 1 No 1 (2022): PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA)
Publisher : Universitas Mahasaraswati Denpasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sistem Informasi Komputer merupakan sistem pengolahan data menjadi sebuah informasi yang berkualitas dan dipergunakan untuk suatu alat bantu pengambilan keputusan. Jika suatu perusahaan tidak memperhatikan sistem pengolahan data berbasis computer ini, tentu saja akan menyulitkan suatu perusahaan dalam mencatat dan memonitoring sehingga dapat berpengaruh dalam pengambilan keputusan. Pada PT. Bonofactum penerapan sistem informasi komputernya masih kurang, yang dimana dalam pencatatan stock masih dilakukan secara manual dan perusahaan belum menggunakan sistem target stock dan minimum stock sehingga terkadang perusahaan mengalami overstock. Dengan demikian dilaksanakannya kegiatan KKN Alternatif ini bertujuan untuk memaksimalkan sistem informasi computer sekaligus membuat sistem target stock dan minimum stock pada PT. Bonofactum. Dimana kegiatan ini dilakukan dengan memberikan penyuluhan, pelatihan dan pendampingan kepada karyawan mengenai penerapan penggunaan Google Sheet dalam pencatatan stock serta penerapan sistem target stock dan minimum stock. Dengan dilaksanakannya program kerja ini, kemampuan karyawan dapat berhasil ditingkatkan dalam pencatatan dan pendataan stock dengan menggunakan Google Sheet yang didukung dengan antusiasme karyawan dalam mengikuti kegiatan ini dan didukung dengan fasilitas yang memadai dalam kegiatan ini.
SOSIALISASI DAN PELATIHAN SYSTEM APPLICATION AND PRODUCT DALAM PENDISTRIBUSIAN BARANG PADA PT. ANGKASA PUTRA I (PERSERO) BANDAR UDARA INTERNATIONAL I GUSTI NGURAH RAI Ni Nyoman Ayu Suryandari; Kadek Bunga Alfiana Alba
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA) Vol 1 No 1 (2022): PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA)
Publisher : Universitas Mahasaraswati Denpasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Bandar Udara adalah suatu wilayah daratan atau perairan yang digunakan untuk kegiatan penerbangan seperti lepas landas dan mendaratnya pesawat udara, bongkar muat barang, bongkar muat penumpang, yang dilengkapi dengan fasilitas keselamatan dan keamanan penerbangan. Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai sebagai satu-satunya bandara di pulau Bali menjadikannya sebagai pintu masuk wisatawan di Bali. Oleh karena itu, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai memiliki peran penting bagi kenyamanan wisatawan yang akan datang ke Bali. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah (1) Pelatihan mengenai cara pembuatan kartu inventaris ruangan (KIR) pada setiap divisi/ ruangan kerja, (2) Pelatihan mengenai cara pembuatan kartu stock barang persediaan untuk karyawan bagian gudang persediaan ATK, (3) Pelatihan mengenai cara pembuatan pembukuan pada excel unuk pencatatan pemakaian BBM (Bahan Bakar Minyak) untuk karyawan bagian gudang persediaan kupon BBM.
STRATEGI BERTAHAN UMKM “WARUNG TELAGA” MELALUI BERBAGAI PROMOSI MENARIK DAN PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SERTA JASA ANTAR DALAM MEMBANTU MENINGKATKAN PEMASARAN DI MASA PANDEMI COVID-19 I Dewa Made Endiana; I Gusti Made Kaler Sutama
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA) Vol 1 No 1 (2022): PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA)
Publisher : Universitas Mahasaraswati Denpasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Awal tahun 2020 menjadi sejarah baru turunnya perekonomian hampir diseluruh negara, termasuk di Indonesia yang disebabkan oleh tingginya tingkat penyebaran virus Covid-19 yang melanda dunia saat ini. Kegiatan perekonomian yang paling terdampak akibat pandemi Covid-19 adalah usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), seperti yang dialami oleh UMKM Warung Telaga yang bergerak di sektor kuliner yang menjual aneka makanan dan minuman, UMKM ini berlokasi di Kecamatan Sidemen, Karangasem, Bali. Program kerja yang diajukan pada kegiatan ini yaitu inovasi produk dengan berbagai promo menarik dengan harga yang terjangkau, pembuatan serta pemasangan poster dan banner, pendampingan serta pelatihan dalam membuat akun media sosial sebagai media pemasaran seperti Instagram, Pengenalan program jasa antar (food delivery). Program kerja tersebut disusun berdasarkan berbagai permasalahan yang sedang dihadapi oleh mitra, permasalahan yang utama dihadapi yaitu Menurunnya tingkat penjualan karna adanya PSBB, Kurangnya Inovasi Produk dan promo menarik untuk meningkatkan minat masyarakat sekitar, Kurangnya pengetahuan akan media sosial untuk pemasaran produk dan jasa antar. Adapun solusi dari permasalahan tersebut adalah dengan memberikan inovasi produk dengan berbagai promo menarik, membuat poster dan banner yang kreatif, mengenalkan media sosial seperti Instagram sebagai media pendukung dalam pemasaran produk, serta mengenalkan layanan jasa antar (food delivery). Metode pelaksanaan yang digunakan adalah metode pendekatan secara langsung dan diskusi bersama mengenai program kerja yang diajukan untuk menangani permasalahan pada usaha mitra UMKM Warung Telaga saat masa pandemi Covid-19.
MENINGKATKAN PEMAHAMAN TEKNOLOGI DALAM MEMBANTU PEMBUATAN TUGAS SEKOLAH DAN PEMBUATAN DESAIN I Nyoman Kusuma Adnyana Mahaputra; I Wayan Wahyu Kharisma
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA) Vol 1 No 1 (2022): PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA)
Publisher : Universitas Mahasaraswati Denpasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Program Pengabdian Kepada Masyarakat merupakan salah satu program Universitas Mahasaraswati sebagai salah satu implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian mahasiswa terhadap perusahaan. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pengalaman lapanggan kepada mahasiswa tentang kondisi perusahaan secara langsung dan juga untukmembentuk sikap mandiri dan tanggung jawab mahasiswa selama melaksankan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat. Salah satu perusahaan lokasi tempat Pengabdian Kepada Masyarakat. yaitu LKP Sukawati Komputer, yang beralamat Jalan Pantai Purnama, Br. Palak, Sukawati. Pelaksanaan program Pengabdian Kepada Masyarakat ini diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahanyang ada diperusahaan dalam memberikan pembelajaran kepada peserta didik yang dapat mengoptimalkan pengunaan teknologi dalam membantu di bidang pendidikan, selain itu ada peserta didik yang memiliki bakat mendesain akan ditampung dengan menggunakan adobe photoshop. Dengan adanya pembelajaran ini dimana peserta didik dapat lebih mudah mengikut pelajaran secara online dan menampung bakat anak yang bisa membantu UMKM dalam pembuatan desain.
STRATEGI PENINGKATAN DIGITAL MARKETING, PENYEMPURNAAN SISTEM KARTU STOK, SERTA PENERAPAN PROTOKOL KESEHATAN COVID-19 DI ITREE STORE Ni Putu Yuria Mendra; Ni Kadek Indah Mas Sukreni
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA) Vol 1 No 1 (2022): PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA)
Publisher : Universitas Mahasaraswati Denpasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Itree Store jasa perbaikan handphone khusus ios yang beralamat di Jalan Padang Sari No. 8 Kerobokan, Badung yang berdiri sejak tahun 2017 mengalami dampak pandemi covid-19, yang mengakibatkan harusnya menutup toko pada pertengahan tahun 2021 dan membuka jasa service handphone di rumah (homestore) maupun datang ke lokasi pelanggan. Dari hasil observasi kegiatan pengabdian masyarakat ini, bahwa Itree Store kurang melakukan pemasaran secara online, tidak terdapat kartu stok barang, dan tidak adanya himbauan protokol kesehatan covid-19 pada homestorenya. Kegiatan pengabdian masyarakat di Itree Store telah dilaksanakan dan berhasil dilakukan dengan baik, serta tepat sasaran. Dengan cara pembuatan brosur dan katalog, pendampingan pembuatan kartu stok barang, dan pembuatan poster himbauan protokol kesehatan covid-19 serta penyediaan handsanitizer. Dengan demikian maka diharapkan program ini akan terus berlangsung kedepannya dengan harapan agar kinerja UMKM ini semakin baik dan meningkat.
PENINGKATAN PERAN BAGIAN LOGISTIK ACCOUNTING DEPARTMENT DALAM MENUNJANG KEGIATAN OPERASIONAL PERUSAHAAN DI TENGAH PANDEMI COVID19 PADA INSTYLE HOTEL Luh Komang Merawati; Ni Made Ari Andayani
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA) Vol 1 No 1 (2022): PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA)
Publisher : Universitas Mahasaraswati Denpasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Adanya wabah covid-19 yang terjadi saat ini sangat mempengaruhi dunia pariwisata terutama perhotelan. Menurunnya jumlah wisatawan mengakibatkan pendapatan yang diperoleh hotel juga menurun. Hal tersebut juga dirasakan oleh Instyle Hotel yang mengakibatkan dikeluarkannya kebijakan pengurangan hari kerja karyawan hingga Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), sehingga mengakibatkan kegiatan operasional perusahaan terutama dalam pengelolaan logistik accounting department hotel menjadi terhambat. Pelaksanaan pengabdian masyarakat dilaksanakan untuk meningkatkan kegiatan operasional perusahaan ditengah pandemi covid-19 agar dapat berjalan dengan baik. Hubungan komunikasi antar karyawan menjadi pengaruh besar dalam kegiatan operasional perusahaan terutama dalam pengelolaan logistik hotel. Kedisiplinan mencerminkan besarnya tanggung jawab dalam melaksanakan tugas yang juga diperlukan dalam menjalankan kegiatan operasional perusahaan, terutama dalam penerimaan dan penyimpanan barang dari supplier.
OPTIMALISASI SISTEM AKUNTANSI UMKM START-UP "REAKTAN CREATIVE ASIA" DALAM RANGKA MENINGKATKAN EFISIENSI, KUALITAS, & KONSISTENSI INFORMASI AKUNTANSI AKIBAT DAMPAK DARI COVID-19 Ni Made Sunarsih; I Gede Agus Suartama
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA) Vol 1 No 1 (2022): PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA)
Publisher : Universitas Mahasaraswati Denpasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pandemi Covid-19 merupakan suatu permasalahan kesehatan yang sedang dihadapi oleh mayoritas negara di dunia. Berbagai upaya dilakukan untuk mengurangi penyebaran dan dampak lain yang ditimbulkan virus tersebut, salah satunya adalah dengan kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa. Pada artikel ini dilaporkan mengenai kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan di UMKM Reaktan Creative Asia dalam rangka mengurangi dampak sosial dan ekonomi pada masa pandemi Covid 19. Kegiatan ini menggunakan metode pendekatan pendidikan kepada mitra yang tediri dari tahapan observasi awal, persiapan program, pelaksanaan program serta pelatihan. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa program pengabdian masyarakat ini berkontribusi dalam mengoptimalkan sistem akuntansi UMKM Reaktan Creative Asia dalam rangka meningkatkan efisiensi, kualitas, & konsistensi informasi akuntansi akibat dampak dari covid-19.
PENINGKATAN LITERASI KEUANGAN DAN DIGITAL MARKETING BAGI UMKM RUMAH JAMUR Ni Putu Shinta Dewi; Ni Komang Sri Oktaviani
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA) Vol 1 No 1 (2022): PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA)
Publisher : Universitas Mahasaraswati Denpasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pandemi yang sudah berlangsung 2 tahun dan melanda seluruh dunia membuat para pelaku ekonomi baik usaha kecil maupun usaha besar menjadi terdampak. Permasalahan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) selama pandemi korona yaitu: penjualan mengalami penurunan karena pandemi, lemahnya promosi dan rendahnya pengetahuan pengelolaan dana usaha menjadi sebab turunnya pengahsilan mereka. Tujuan pengabdian masyarakat ini untuk membantu mengurangi permasalahan yang terjadi, yaitu memberikan pelatihan literasi keuangan dan digital marketing kepada UMKM Rumah Jamur. Metode pelaksanaan dalam kegiatan ini dilakukan dengan metode partisipatif individual dan kelompok melalui koordinasi serta pemantauan, metode diskusi melalui pelatihan yang diberikan. Koordinasi dan pemantauan dilakukan sesuai dengan keperluan mitra guna memperlancar kegiatan.
PENINGKATAN PEMAHAMAN DAN PENGOPERASIAN SISTEM HRIS OLEH KARYAWAN AKUNTING DAN SUMBER DAYA MANUSIA DI MASON ADVENTURES I Made Sudiartana; Putu Eka Cecylia Udayani
PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA) Vol 1 No 1 (2022): PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA)
Publisher : Universitas Mahasaraswati Denpasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tekonologi membantu memudahkan sumber daya manusia pada era globalisasi seperti saat ini. Kemudahan era digital ini menantang cara tradisional untuk memberikan layanan HRM dalam sebuah perusahaan. Adanya dorongan yang semakin meningkat menjadi pendukung dalam tujuan strategi dan focus kepada nilai kepuasan karyawan. Salah satu perubahan terlihat pada penggunaan SI (System Informasi), artinya untuk menunjang peningkatan kulitas dan efektisitas organisasi sumber daya manusia akan mendorong karyawan untuk bergantung kepada HRIS ( Human Resources Information System). Human Resources Information System (HRIS) adalah sebuah sistem yang membantu sumber daya manusia dalam menangani permasalahan permasalahanpermasalahan yang berhubungan dengan pengelolaan data-data karyawan pada sebuah perusahaan. Pengelolan data karyawan yang terjadi di Mason Adventure yaitu pengelolaan data-data karyawan masih bersifat manual (Microsoft Exel) sehingga perusahaan mengalami kendala jika ingin memperoleh informasi data-data karyawan yang berhubungan dengan sumber daya manusia atau kepegawaian. Pengabdian masyaraat yang telah dilakukan bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan pengoperasian sistem HRIS bagi karyawan sumber daya manusia di Mason Adventure. Target yang ingin dicapai adalah untuk mengefisienkan tenaga kerja yang ada, apalagi pada saat pandemi banyak perusahaan yang melakukan pemutusan tenaga kerjanya termasuk Mason Adventure karena perusahaan tidak beroperasional secara optimal. Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini adalah dengan cara memberikan pemelajaran, bimbingan dan serta evaluasi kegiatan. Kegiatan pembelajaran yang diberikan untuk pemahaman dan pengoperasian sistem HRIS dilakukan selama 14 hari, untuk kegiatan bimbingan yang diberikan kepada karyawan dilakukan 14 hari, dan kegiatan evaluasi dari pembelajaran dan bimbingan pemahaman dan pengoperasian sistem HRIS dilakukan selama 14 hari. Metode ini dilakukan dengan tujuan memberikan pemahaman dalam pengoperasian sistem HRIS bagi karyawan, terutama bagi karyawan akunting dan hrd. Sistem HRIS digunakan untuk proses pengambilan keputusan, penginputan data-data karyawan, khususnya dalam penginputan gaji karyawan. Kesimpulan yang dapat diambil dalam pengabdian masyarakat ini adalah telah meningkatnya pemahaman karyawan akunting dan hrd dalam pengoperasian sistem HRIS.

Page 1 of 59 | Total Record : 588