SENEMA
Vol 3 No 2 (2024): PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN MASYARAKAT (SENEMA)

UPAYA PENINGKATAN KEPUASAN PELANGGAN MELALUI PELATIHAN PENINGKATAN KUALITAS LAYANAN PADA PENGINAPAN WHITE HOUSE

Ni Luh Nyoman Sherina Devi (Universitas Mahasaraswati Denpasar)
I Ketut Pande Wahyu Krisna (Universitas Mahasaraswati Denpasar)



Article Info

Publish Date
11 Dec 2024

Abstract

Laporan ini menyajikan hasil kegiatan pengabdian masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan melalui pelatihan peningkatan kualitas layanan di Penginapan White House, Ubud, Gianyar, Bali. Kegiatan ini dilaksanakan oleh tim pelaksana dari Universitas Mahasaraswati Denpasar pada periode 18 Juli hingga 19 Agustus 2024. Analisis situasi awal menunjukkan bahwa kualitas layanan pelanggan dan citra hotel belum optimal, yang berpotensi mengurangi kepuasan pelanggan. Untuk mengatasi masalah ini, dilakukan pelatihan dan sosialisasi kepada staf mengenai pentingnya kualitas layanan. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa pelatihan berhasil meningkatkan pemahaman dan keterampilan staf, dengan realisasi capaian program mencapai 100%. Diharapkan, laporan ini dapat menjadi referensi bagi pengembangan layanan di sektor pariwisata dan memberikan kontribusi positif bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat setempat.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

seminarfeb

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat (SENEMA) sebagai wujud diseminasi kegiatan ilmiah pengabdian masyarakat yang dilakukan sivitas akademika Perguruan Tinggi Negeri/Swasta di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat (SENEMA) merupakan hasil program pengabdian ...