Pendidikan merupakan elemen fundamental dalam membentuk sumber daya manusia yang berkualitas, yang mampu menghadapi tantangan global dan berkontribusi pada kemajuan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pembangunan kurikulum dapat dipandu oleh teori-teori pendidikan, seperti konstruktivisme, behaviorisme, dan humanisme, untuk meningkatkan efektivitas proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi, teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa Pembangunan kurikulum berbasis teori pendidikan merupakan langkah penting dalam menciptakan sistem pendidikan yang lebih efektif dan relevan dengan perkembangan zaman. Kurikulum yang dirancang dengan mengacu pada teori-teori pendidikan yang kuat, seperti konstruktivisme, behaviorisme, dan humanisme, mampu memberikan kerangka yang jelas dalam merancang proses pembelajaran yang tidak hanya fokus pada transfer pengetahuan, tetapi juga pada pengembangan keterampilan, sikap, dan nilai-nilai peserta didik
Copyrights © 2025