Literasi merupakan hal yang patut di perhatikan di masa sekarang, banyak yang tertarik dengan media sosial yang mengakibatkan menurunnya literasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan literasi dasar di MTSN 3 Jombang. Metode penelitian dalam artikel ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik purposive sampling pada studi documenter dengan 3 sesi pelaksanaan yaitu menulis, bercerita dan membaca. Objek yang diambil yaitu siswa Mtsn 3 Jombang. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat diutarakan bahwa kegiatan literasi ini sangat bermanfaat bagi siswa terutama di zaman yang seba media sosial. Apabila kegiatan ini dilakukan sejak sekolah dasar seperti di MTsn 3 Jombang. Konteks literasi sekolah ialah keterampilan mengakses, mengerti, dan memakai suatu hal secara cerdik lewat berbagai perlakuan seperti membaca, melihat, dan mendengarkan. Hasil kegiatan yang dilaksanakan, diharapkan siswa mulai terbiasa untuk melaksanakan literasi sesuai yang di ajarkan. Hari berlalu juga akan dilakukan perkembangan hingga tahap evaluasi guna meningkatkan studi literasi di masing-masing siswa.
Copyrights © 2025